Operasi Bariatrik pada Pria Sebabkan Kesuburan Menurun?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 12 Sep 2017 14:13 WIB
kesehatan
Operasi Bariatrik pada Pria Sebabkan Kesuburan Menurun?
Studi yang dipublikasukan dalam Bariatric Surgical Practice and Patient Care tersebut membandingkan efek jangka panjang dari penurunan berat badan dengan metode RYGB. (Foto: Blog.doctoroz.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi para pria yang ingin menurunkan berat badan dengan cara operasi bariatrik, sebaiknya berpikir ulang. Sebuah studi menemukan bahwa operasi bariatrik jenis tertentu dapat meningkatkan risiko penyimpangan jumlah sperma dan menurunkan angka kesuburan pada pria. 

Penemuan tersebut mengungkapkan bahwa pria yang melakukan operasi bypass gastrik Roux-en-Y (RYGB) mengalami peningkatan kadar estradiol hormon estrogen dan kekurangan vitamin D, faktor yang memberi efek negatif pada semen dan kesuburan. 

Penurunan tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan berat badan, kadar androgen, dan kualitas seksual dalam tubuh. 



(Baca juga: Studi: Sunat Tidak Pengaruhi Sensitivitas Organ Intim Pria)

"Studi ini adalah bagian penting untuk menemukan penyebab infertilitas pada pria. Tantangannya adalah melihat apakah ada pembetulan untuk penyimpangan hormonal dan mikronutrien untuk membalikkan infertiltas tersebut," tukas Edward Lin, selaku Direktur Operasi dari Pusat Pengobatan Gastroesophageal di Emory University, Georgia. 

Dalam operasi RYGB, hanya bagian kecil perut yang digunakan untuk menciptaka kantong perut baru, yaitu seukuran telur. 



Perut yang lebih kecil terhubung secara langsung pada bagian tengah usus kecil (jejunum), membypass sisa bagian lainnya dan bagian atas usus kecil (duodenum).

Studi yang dipublikasukan dalam Bariatric Surgical Practice and Patient Care tersebut membandingkan efek jangka panjang dari penurunan berat badan dengan metode RYGB pada kelompok pria yang aktif secara seksual, dimana para peneliti melihat pada parameter semen dan fertilitas pria obesitas yang melakukan metode tersebut dan yang tidak melakukannya. 










(TIN)