Ini Alasan Mengapa Memencet Pusar Terasa Aneh

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 22 Sep 2017 12:12 WIB
kesehatan
Ini Alasan Mengapa Memencet Pusar Terasa Aneh
Dr. Christopher Hollingsworth dari NYC Surgical Associates menjelaskan bahwa kebiasaan memegang pusar bisa meningkatkan rangsangan untuk buang air kecil. (Foto: Carlos Alberto Gomez Iniguez/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda merasa sedikit aneh ketika menyentuh pusar sendiri? Ternyata itu adalah hal yang wajar. Seorang dokter dari Amerika Serikat mengungkapkan mengapa perasaan tersebut muncul. 

Dr. Christopher Hollingsworth dari NYC Surgical Associates menjelaskan bahwa kebiasaan memegang pusar bisa meningkatkan rangsangan untuk buang air kecil meskipun keinginan tersebut tak terlalu besar awalnya. 

"Ketika Anda memencet pusar, maka itu akan mengirimkan sinyal dari serat yang lebih dalam dari rongga perut bagian dalam ke sumsum tulang belakang," tukas Hollingsworth.



(Baca juga: Kapankah Waktu yang Tepat Memotong Tali Pusat Bayi?)

Ia menjelaskan, keadaan tersebut dikarenakan saraf tulang belakang menyampaikan sinyal pada kandung kemih dan uretra. Sinyal tersebut sering disalahartikan sebagai pertanda ingin buang air kecil.

Namun, ia menambahkan, perasaan tersebut akan muncul ketika seseorang menekan pusar pada kedalaman tertentu agar mengenai serat yang terletak di belakang lapisan otot perut. 

Garis internal yang tertekan saat terlalu dalam memencet pusar tersebut bernama umbilicus dimana bagian tersebut sangat sensitif. 










(TIN)