Tips agar Punggung Tak Sakit Saat Menyetir Lama

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 15 Sep 2017 17:30 WIB
healthy tips
Tips agar Punggung Tak Sakit Saat Menyetir Lama
Bagi Anda yang sering mengalami masalah punggung, selalu sediakan satu kantong es untuk mengompres sakit yang muncul saat sedang menyetir. (Foto: Dan Gold/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyetir terlalu lama dapat membuat punggung dan tulang belakang menjadi tak nyaman. Padahal, bisa dibilang aktivitas tersebut dilakukan hampir setiap hari. 

Berikut adalah beberapa tips dari dr. AA Mehra sebagai konsultan senior bedah tulang belakang dan saraf di Amandeep Hospitals agar bentuk penopang tubuh tersebut tetap terjaga. 

(Baca juga: Tonton Video Ini Untuk Hindari Sakit Punggung)



1. Posisi nyaman
Pastikan posisi duduk saat menyetir nyaman bagi Anda. Selain posisi duduk, perhatikan jarak dengan kemudi, posisi lutut yang sebaiknya lebih tinggi dari pinggul, dan tidak menaruh dompet atau ponsel di saku celana belakang.



2. Istirahat sejenak
Jika punggung mulai merasa tak nyaman, istirahatlah sejenak. Lakukan beberapa peregangan dan berjalan sebentar agar aliran arah tetap lancar. 



3. Membawa es
Bagi Anda yang sering mengalami masalah punggung, selalu sediakan satu kantong es untuk mengompres sakit yang muncul saat sedang menyetir. 



4. Pemanasan
Rasa nyeri yang muncul akan berkurang bila otot pada bagian punggung bawah diregangkan. Bila tak bisa, sediakan bantal pemanas yang bisa langsung ditempelkan pada kulit. 



5. Duduk sejauh mungkin
Jagalah jarak dengan setir dengan duduk sejauh mungkin sehingga tulang belakang berada dalam posisi yang tepat secara alami. Bila merasa tak nyaman, Anda bisa menggunakan bantuan bantal. 










(TIN)