Kenapa Bayi yang Baru Lahir Lebih Banyak Tidur?

Raka Lestari    •    Rabu, 25 Apr 2018 13:14 WIB
tumbuh kembang bayi
Kenapa Bayi yang Baru Lahir Lebih Banyak Tidur?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bayi yang baru lahir akan lebih banyak tidur dan jarang menangis. Banyak ibu yang bertanya, apakah ini normal?

The National Sleep Foundation merekomendasikan agar bayi yang baru lahir tidur selama 14-17 jam sehari, sedangkan bayi yang sudah lebih dewasa membutuhkan waktu tidur selama 12-15 jam, sedangkan batita membutuhkan waktu tidur 11-14 jam sehari. 

Namun, tidak semua bayi membutuhkan waktu tidur yang sama. 

Jika orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam sehari, mengapa bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama? 

Jawabannya adalah karena itu adalah kebutuhan mereka. Hal terpenting yang bayi perlukan adalah tumbuh dan berkembang. American Sleep Association (ASA) mengatakan, "Waktu tidur yang banyak sangat penting untuk bayi yang baru lahir karena saat tidur, bayi sebenarnya sedang tumbuh dan berkembang." 

Tidur penting untuk pertumbuhan fisik dan psikologis mereka. Sebab, hormon pertumbuhan manusia dilepaskan ketika mereka sedang tidur.

Selain itu, bayi baru lahir juga masih belum bisa menentukan perbedaan antara pagi dan malam sehingga mereka sering  bangun pada tengah malam. Namun, seiring dengan bertambahnya usia mereka, Anda bisa mengubah dan mengajarkan jadwal tidur mereka agar menjadi normal.

Deborah Lin-Dyken, spesialis gangguan tidur pediatrik menyarankan bahwa orang tua yang ingin mengubah siklus tidur bayi mereka harus melakukannya secara konstan meskipun itu berarti harus membangunkan bayi mereka ketika bayi sedang tidur.

Lihat video:




(DEV)