Konsumsi Alkohol Sebabkan Jerawat dan Kulit Kusam?

Raka Lestari    •    Selasa, 01 May 2018 10:56 WIB
kesehatan kulit
Konsumsi Alkohol Sebabkan Jerawat dan Kulit Kusam?
Menurut Dr Sharkar, terlalu banyak mengonsumsi gula dalam minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kulit kusam dan mata merah. (Foto: Kelsey Chance/Unsplash.com)

Jakarta: Memanjakan diri dengan beberapa gelas anggur atau beberapa koktail mungkin dilakukan sesekali. Namun ternyata beberapa gelas, atau botol anggur merah sebenarnya bisa sangat berbahaya bagi tubuh Anda dan bisa berdampak negatif pada kulit. 

Menurut Dr Mark Menolascino, seorang dokter penyakit dalam, mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko demensia dan menyebabkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko kanker, depresi, dan jantung.

Dilansir dari Popsugar.com, menurut Dr Isabel Sharkar, seorang dokter naturopathic, anggur merah (red wine) merupakan minuman terburuk untuk kulit Anda diantara minuman beralkohol lainnya. 

Menurutnya, anggur merah cenderung menyebabkan kulit terasa panas, kemerahan, dan jerawat. Selain itu, alkohol adalah vasodilator, yang berarti membuka pembuluh darah di mana dapat menyebabkan kulit menjadi memerah dan bengkak. 

(Baca juga: Lima Penyebab Jerawat Tumbuh di Tempat yang Sama)


(Menurut Dr Isabel Sharkar seorang dokter naturopathic, anggur merah cenderung menyebabkan kulit terasa panas, kemerahan, dan jerawat. Foto: Zachariah Hagy/Unsplash.com)

Ditambah lagi, kandungan gula yang terdapat pada anggur merah dapat memberikan beban yang berat pada hati dan mengubahnya menjadi lemak, ujar Dr Menolascino. 

Gula yang terdapat pada minuman beralkohol juga menjadi penyebab utama peradangan. Hal ini karena biasanya berbagai jenis koktail dibuat dengan pemanis buatan seperti sirup atau jus yang tak bagus juga untuk kulit Anda.

Menurut Dr Sharkar, terlalu banyak mengonsumsi gula dalam minuman beralkohol juga dapat menyebabkan kulit kusam dan mata merah. 

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan kulit yang cerah dan sehat ada baiknya untuk menghindari konsumsi minum-minuman beralkohol atau bisa juga memilih minuman beralkohol dengan kandungan pemanis buatan yang paling sedikit. Menurut Dr Sharkar, itu akan menyebabkan kerusakan paling sedikit untuk ke depannya. 





(TIN)