Makanan Ini Tepat untuk Dikonsumsi pada Malam Hari

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 19 Jun 2018 17:05 WIB
kesehatan
Makanan Ini Tepat untuk Dikonsumsi pada Malam Hari
Kacang almond kaya akan magnesium dan kalsium, keduanya akan membantu menenangkan tubuh dan melemaskan otot-otot. (Foto: Alisha Hieb/Unsplash.com)

Jakarta: Memilih hidangan untuk makan malam yang sehat terkadang menjadi rumit. Sebab Anda mungkin ingin menyantap makanan sehat tapi tak mengandung gula dan asin berlebih.

Perlu Anda ketahui, malam adalah waktu ketika otot dan jaringan mulai bekerja dan memerbaiki sel-selnya. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memilih makanan yang mengandung vitamin B6, triptofan, protein serta karbohidrat kompleks. 

Berikut ini ada sejumlah makanan yang baik dikonsumsi saat malam hari dan menjadikan tidur Anda berkualitas.

1. Sayuran hijau
Tahukah Anda bahwa kalsium di dalam tubuh membutuhkan triptofan untuk membangun melatonin (hormon yang membantu menginduksi tidur)? Selain dari susu dan produk turunannya, Anda juga bisa mendapatkannya dari sejumlah sayuran hijau gelap seperti bayam, kale, dan sawi. 

(Baca juga: Tips Praktis Cepat Siapkan Makan Malam)

2. Oatmeal
Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Sehingga akan membuat Anda kenyang dan mencegah ingin makan camilan pada tengah malam.

Mengonsumsi oatmeal pada malam hari akan membantu Anda mendapat tidur yang nyenyak, karena kombinasi karbohidrat kompleks dan protein yang mampu menghasilkan serotonin (hormon yang merangsang produksi melatonin). Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan susu skim atau yogurt tanpa lemak.


(Ikan merupakan sumber vitamin B6, asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang membantu tubuh memproduksi melatonin. Foto: Josh Bean/Unsplash.com)

3. Ikan
Anda dianjurkan makan delapan ons ikan atau makanan laut lainnya setiap minggu dan malam hari adalah waktu terbaik menyantapnya. Ikan merupakan sumber vitamin B6, asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang membantu tubuh memproduksi melatonin. Anda bisa memilih beberapa jenis ikan, mulai dari salmon, tuna, atau halibut.

4. Pisang
Pisang mengandung potasium serta magnesium yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Sebuah penelitian menunjukkan, magnesium bermanfaat membantu Anda mendapat tidur berkualitas, terutama bagi yang terkena insomnia. Buah ini juga mengandung triptofan sebagai penenang alami, menginduksi tidur, melawan kecemasan dan membantu membakar lemak tubuh.

5. Ceri
Sebuah penelitian yang diterbitkan European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang minum jus ceri sehari memiliki tidur yang nyenyak. Hal itu karena ceri mengandung melatonin. Selain itu, ceri juga kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan, meredakan nyeri radang sendi, mengurangi lemak perut dan menurunkan risiko stroke.

6. Almond
Kacang almond kaya akan magnesium dan kalsium, keduanya akan membantu menenangkan tubuh dan melemaskan otot-otot. Selain itu, kalsium juga berperan membantu otak mengubah triptofan menjadi melatonin.




(TIN)