Tips Menghilangkan Bau Mulut setelah Mengonsumsi Bawang

Raka Lestari    •    Selasa, 05 Jun 2018 19:03 WIB
tips & trik
Tips Menghilangkan Bau Mulut setelah Mengonsumsi Bawang
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Garlic bread merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Namun terkadang rasa bawang yang tertinggal setelah memakannya, menyebabkan bau yang kurang sedap di mulut.

Namun, tidak hanya garlic bread, makanan-makanan yang berbahan dasar bawang memang kerap meninggalkan bau yang tidak sedap setelah kita mengonsumsinya.

Dikutip dari Metro, penyebab utama mengapa ada bau yang tidak sedap setelah kita mengonsumsi bawang adalah karena adanya berbagai senyawa sulfur yang terdapat pada bawang, terutama bawang putih. Selain itu, bawang putih juga meningkatkan pertumbuhan beberapa mikroba di mulut yang menyebabkan mulut mengeluarkan aroma tak sedap.

Senyawa sulfur yang terdapat pada bawang putih tidak hanya akan keluar melalu pernapasan, tetapi juga akan keluar dari pori-pori, sehingga keringat Anda akan sedikit berbau.

Bagaimana mengatasinya? 

Menyikat gigi atau menggunakan obat kumur saja tidak akan bekerja maksimal. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menghilangkan atau setidaknya mengurangi bau tersebut.

Pertama adalah teh, terutama teh hijau dan peppermint mengandung polifenol yang mengurangi senyawa sulfur yang dihasilkan bawang putih agar mudah menguap. 

Kandungan lemak dalam susu juga dapat membantu menetralkan bau, atau dengan mengonsumsi peterseli, kapulaga, mint, adas, cengkeh, dan biji lawang. 

Lemon juga sangat efektif karena memiliki sifat antibakteri. Jika Anda kesulitan mendapatkan bahan-bahan tersebut, mengunyah permen karet bebas gula juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bau bawang untuk sementara waktu.  





(DEV)