Lakukan 4 Hal Ini saat Makan agar Perut Tidak Kembung

Torie Natalova    •    Selasa, 22 May 2018 16:25 WIB
tips kesehatan
Lakukan 4 Hal Ini saat Makan agar Perut Tidak Kembung
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Apa dan bagaimana cara Anda makan, serta bagaimana Anda mengolah makanan berpengaruh terhadap pencernaan Anda. Perut kembung setelah makan seringkali muncul jika Anda mengabaikan beberapa faktor di atas.

Jika perut kembung sering muncul setelah Anda makan, cobalah untuk menggabungkan kelima cara ini setiap kali makan.

1. Mengonsumsi bahan makanan yang bagus

Pertama, mulailah dengan bahan-bahan makanan yang terbaik, seperti organik. Makanan yang mengandung banyak pestisida atau dibuat dengan bahan yang dimodifikasi secara genetik dapat merusak lapisan usus yang seiring waktu dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah kronis lainnya.

2. Makan dengan santai

Ada banyak proses rumit yang terjadi ketika Anda makan, jadi pastikan untuk meluangkan waktu agar semuanya bekerja dengan baik. Perlu waktu sekitar 20 menit untuk menyampaikan pesan ke otak Anda. Memperlambat waktu makan juga dapat membantu menurunkan berat badan sehingga Anda tidak perlu makan berlebihan saat sudah kenyang.

3. Kunyah lagi

Salah satu cara untuk berhenti makan terburu-buru adalah memastikan Anda banyak mengunyah. Mengunyah makanan lebih lama membantu tubuh cukup melepaskan enzim pencernaan amilase yang diperlukan untuk memecah pati. Dengan demikian, makanan dapat bergerak melalui saluran pencernaan dan dimanfaatkan dengan baik.

4. Tunda minum air

Ketika Anda minum terlalu banyak air pada waktu makan, pH akan menurun dan mencegah enzim melakukan fungsinya. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan penyerapan mikronutrien yang lebih sedikit. Anda mungkin akan mengalami kram, kembung atau distensi ketika sistem pencernaan berjuang memecah partikel makanan yang terlalu besar.




(DEV)