Dua Langkah Ini Paling Efektif untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 01 Aug 2018 10:56 WIB
kesehatan jantung
Dua Langkah Ini Paling Efektif untuk Menjaga Kesehatan Jantung
(Foto: Triadhealthcenter)

Jakarta: Menjaga berat badan seimbang, yang diukur melalui indeks massa tubuh (IMT) dapat menurunkan risiko gangguan jantung.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation tersebut mengungkapkan bahwa kelebihan berat badan pada dewasa muda dapat memicu masalah kardiovaskular pada kemudian hari.

"Studi kami mendukung usaha menurunkan Indeks Massa Tubuh hingga normal pada kategori usia dewasa muda untuk mencegah penyakit jantung," jelas pemimpin studi Kaitlin H. Wadefrom Dari University of Bristol Medical School, Inggris seperti dilansir dari The Health Site. 

Berikut adalah dua hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga Indeks Massa Tubuh.

1. Pola makan

Makan benar adalah kunci kesehatan secara keseluruhan. Berbagai studi menunjukkan bahwa 70 persen gangguan jantung dapat dihindari dengan pola makan benar yang mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan adalah oatmeal, almond, salmon, biji-bijian, kacang hitam, buah beri, dan kenari. 

Tak hanya makanan, cara memasak juga perlu diperhatikan. Coba ganti minyak jenuh dengan minyak  biji bunga matahari yang mengandung campuran yang baik dari asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan polyunsaturated (PUFA). Keduanya memiliki tingkat trans-lemak yang rendah, mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mempromosikan berfungsinya sistem saraf.

Cara penting lainnya untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 tergolong rendah lemak jenuh, serta kaya lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang diketahui dapat membantu mencegah serangan jantung. 

Beberapa penelitian terus membuktikan bahwa asam lemak ini membantu dalam produksi senyawa bernama prostaglandin yang membantu dalam mengatur tekanan darah dan melemahkan gumpalan darah. Beberapa sumber asam lemak omega 3 yang baik adalah biji labu, kedelai, bayam dan kenari.

2. Olahraga

Untuk jantung yang sehat, Anda harus berolahraga secara teratur. Berolahraga selama 30 menit atau lebih beberapa kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. 

Terlepas dari ini, olaharaga meningkatkan pasokan darah dan oksigen ke jantung, membantu fungsinya lebih efisien sehingga jantung memiliki kemampuan maksimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

Beberapa olahraga yang baik untuk kesehatan jantung meliputi berenang, jogging, dan tai chi. 

Lihat video:




(DEV)