Tips agar Tak Pegal Saat Menempuh Perjalanan dengan KRL

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 03 Jul 2018 12:27 WIB
tips & trik
Tips agar Tak Pegal Saat Menempuh Perjalanan dengan KRL
Stres punggung dapat terjadi saat mengangkat atau saat meletakkan koper di bawah kursi. Jadi, berhati-hatilah saat melakukannya. (Foto: Rafael De Nadai/Unsplash.com)

Jakarta: Masyarakat perkotaan sudah tak asing dengan menggunakan transportasi umum layanan kereta rel listrik komuter (KRL). Tak jarang, beberapa orang merasa pegal setelah sampai di tempat tujuan. 

"Kurang olahraga dan kurang gizi dapat memicu nyeri dan sakit. Membawa tas berat, terus berdiri tanpa mengubah posisi juga berpengaruh buruk pada kaki. Bahkan, sebaiknya hindari melompat keluar dari kereta saat kereta masih bergerak," saran ahli bedah ortopedik senior Dr Sachin Bhonsle.

(Baca juga: Pentingnya Peregangan Sebelum Berolahraga)


("Kurang olahraga dan kurang gizi dapat memicu nyeri dan sakit. Membawa tas berat, terus berdiri tanpa mengubah posisi juga berpengaruh buruk pada kaki," saran ahli bedah ortopedik senior Dr Sachin Bhonsle. Foto: S./Unsplash.com)

Untuk menghindari pegal, Dr Bhonsle menyarankan beberapa hal berikut saat menggunakan KRL. 

1. Stres punggung dapat terjadi saat mengangkat atau saat meletakkan koper di bawah kursi. Jadi, berhati-hatilah saat melakukannya.
2. Lakukan peregangan sesekali saat posisi duduk atau berdiri, jika keadaan kereta tak sesak. 
3. Ubah jam berangkat kerja untuk menghindari jam sibuk. 
4. Seimbangkan beban yang diangkat pada punggung, tas ransel adalah pilihan terbaik. 
5. Duduk atau berdirilah dengan posisi yang benar dan pertahankan hingga sampai tempat tujuan untuk menghindari nyeri punggung.





(TIN)