Manfaat Olahraga Sepak Bola untuk Segala Usia

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Jun 2018 12:47 WIB
kesehatan
Manfaat Olahraga Sepak Bola untuk Segala Usia
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Copenhagen menemukan bahwa bermain sepak bola meningkatkan massa otot tungkai bawah. (Foto: Kuan Fang/Unsplash.com)

Jakarta: Demam Piala Dunia 2018 tak hanya membuat orang rajin berada di depan TV, tetapi juga membuat bersemangat untuk melakukan aktivitas fisik yang satu itu. Bagi Anda yang sudah berumur dan jarang berolahraga, belum terlambat untuk mulai aktif melakukan olahraga sepak bola. 

Para peneliti di University of Copenhagen membagi 27 pria antara usia 63 dan 70 tahun ke dalam beberapa kelompok di mana kelompok pertama berlatih sepak bola, kelompok kedua latihan kekuatan dua kali seminggu selama satu jam, dan kelompok ketiga tetap tidak aktif untuk tujuan kontrol.

Hasil keseluruhan menunjukkan pemain sepak bola membuat peningkatan 30 persen dalam fungsi otot, dan kapasitas asupan oksigen meningkat 15 persen. Bahkan ada perbaikan dalam mineralisasi tulang, kata peneliti, menekankan pentingnya kesehatan tulang pada orang tua.

Meskipun kelompok latihan kekuatan mengalami peningkatan kebugaran, para pemain sepak bola memiliki hasil terbaik dalam hal kebugaran aerobik maksimal dan kinerja latihan yang lengkap.

Selain itu, berikut adalah manfaat lain dari sepak bola tanpa memandang usia. 


(Hasil keseluruhan menunjukkan pemain sepak bola membuat peningkatan 30 persen dalam fungsi otot, dan kapasitas asupan oksigen meningkat 15 persen. Bahkan ada perbaikan dalam mineralisasi tulang, kata peneliti. Foto: Abigail Keenan/Unsplash.com)

(Baca juga: Manfaat Olahraga di Pagi Hari)

1. Olahraga kardiovaskular
Sepak bola adalah latihan kardiovaskular yang identik dengan menggerakkan kaki, meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, dan berlari cepat. Namun, tidak seperti lari biasa, Anda harus berlari dan berhenti dan kemudian berlari lagi yang merupakan pengganti besar untuk pelatihan interval intensitas tinggi. 

2. Melawan stres dan tingkatkan kerja sama tim 
Sepak bola adalah permainan tim dengan porsi lebih besar daripada pemain individu. Jadi sepak bola mengharuskan orang untuk bekerja bersama dan menonton gerakan satu sama lain. 

Seiring waktu, orang-orang yang bermain bersama belajar apa yang akan mereka lakukan yang akan sangat membantu dalam menyatukan kebersamaan. Selain itu, sebagai latihan kardiovaskular, sepak bola membantu melepaskan serotonin, testosteron, peptida YY, Irisin, endorfin dan hormon lainnya yang membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat.

3. Meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Copenhagen menemukan bahwa bermain sepak bola meningkatkan massa otot tungkai bawah, kemampuan melompat, meningkatkan postur dan kekuatan. Bersamaan dengan itu, olahraga tersebut juga membuat tulang menjadi lebih kuat sehingga risiko patah tulang lebih kecil. 





(TIN)