Nycta Gina Miris Jumlah Penderita TBC di Indonesia Meningkat

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 28 Nov 2017 16:54 WIB
tuberkolosis
Nycta Gina Miris Jumlah Penderita TBC di Indonesia Meningkat
Nycta Gina, artis yang juga sekaligus dokter mengaku miris dengan jumlah penderita TBC di Indonesia (Foto: Instagram)

Jakarta: Nycta Gina, artis yang juga berprofesi sebagai dokter umum mengaku peduli pada penyakit saluran pernapasan Tuberkulosis (TBC). Hal itu yang membuat dirinya terlibat sebagai influencer yang mendukung kompetisi vlog tentang TBC yang merupakan program kerjasama antara Kementerian Kesehatan RI dengan PT. Johnson & Johnson Indonesia.

"Buat saya pribadi, selama masa sekolah dokter, kasus TBC sering ditemukan. Bahkan, saat jadi koas, di bangsal penyakit menular kebanyakan didominasi pasien TB," ujar Gina dalam peluncuran Kompetisi Video Blog (Vlog) TBC, Selasa 28 November 2017.

Tuberkulosis Tak Hanya Menyerang Paru-paru

Istri dari aktris Rizky Kinos tersebut merasa miris dengan meningkatnya angka penderita TBC. Padahal, TBC bisa sembuh bila rutin berobat.

TBC juga bisa dideteksi sehingga seharusnya bisa diobati lebih cepat sebelum semakin bertambah parah dan berujung pada kematian.

"Kasus ini masih banyak meskipun pelayanan kesehatan sudah membaik."

Penyiar radio ini juga memeringatkan bahwa semua orang berisiko terkena TBC, bukan hanya mereka yang berada di pedesaan. Penyakit ini justru lebih rentan dialami masyarakat urban yang tinggal di daerah padat dan kumuh.




(DEV)