Manfaat Nangka untuk Kesehatan

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 09 Jan 2018 16:09 WIB
kesehatan
Manfaat Nangka untuk Kesehatan
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Buah nangka banyak dibudidayakan di negara tropis. Nangka memiliki manfaat sangat besar untuk kesehatan.

Buah ini banyak tersedia selama musim panas. Nangka mengandung sejumlah besar saponin, lignan, fitonutrien, dan isoflavon. Khasiat ini menjadikan nangka sebagai unsur anti-kanker yang membantu menghilangkan radikal bebas dari sel yang membantu dalam proses penurunan pertumbuhan kanker.

Nangka juga membantu mengurangi kanker endometrium, yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dini dan tukak lambung. Nangka juga menunjukkan hasil efektif dalam mencegah paru-paru, rongga mulut, dan kanker usus besar.

Dilansir Boldsky, Selasa, 9 Januari 2018, berikut beragam manfaat nangka yang harus Anda ketahui:

1. Membantu mendapatkan kulit sehat

Nangka bisa membantu menghilangkan keriput, memberi cahaya alami pada kulit, dan membuat kulit menjadi sempurna. Untuk menghilangkan keriput, rendam irisan nangka dalam susu dingin selama beberapa menit, lalu campurkan untuk membuat pasta.

Konsumsi selama enam minggu untuk mendapatkan hasil menakjubkan. Dengan dikonsumsi langsung, nangka juga dapat mengurangi sembelit dan memberi cahaya alami pada kulit.

2. Sumber kaya protein

Tambahkan nangka ke makanan sehari-hari, baik untuk sarapan atau kudapan sore. Buah tropis ini kaya sumber protein yang bisa dimakan mentah atau dicampur salad buah. Ini adalah makanan pembuka alami yang mengandung protein dalam jumlah tinggi.

3. Membantu mendapatkan rambut cantik

Peredaran darah salah satu kunci memiliki pertumbuhan rambut alami dan sehat. Nangka bisa menjadi keajaiban dalam membantu Anda mendapatkan rambut cantik. Konsumsi beberapa potong nangka setiap hari untuk pertumbuhan rambut yang baik secara alami.

Kehadiran vitamin A dalam nangka membuat rambut sehat dan menghilangkan timbulnya rambut rapuh dan kering.

4. Memperkuat sistem kekebalan

Nangka adalah sumber vitamin C yang kaya dan mengandung antioksidan yang membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya penyakit seperti flu dan batuk. Nangka menciptakan perisai alami di sekitar tubuh yang menurunkan risiko penetrasi virus ke dalam tubuh.

Selain itu, kehadiran polisakarida pada nangka menghasilkan fungsi sel fagositik dalam sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C membantu lebih lanjut dalam pencegahan diserang virus flu.

5. Memproduksi Energi

Dengan jumlah kalori dan karbohidrat tinggi, nangka tidak mengandung kolesterol dan menjadikannya pilihan makanan sehat. Kehadiran fruktosa dan sukrosa di dalamnya memberi energi yang Anda butuhkan untuk semua aktivitas sehari-hari.

6. Membantu mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dalam nangka membantu memeriksa keseimbangan tingkat natrium dalam tubuh yang pada gilirannya menyeimbangkan tingkat cairan untuk kandungan elektrolit yang tepat. Dengan demikian, membantu mengendalikan tingkat tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit seperti kardiovaskular.

Dengan adanya vitamin B6, nangka juga dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah dan menjaga jantung tetap sehat dan aktif.

7. Membantu pencernaan

Nangka mengandung sejumlah serat tinggi yang memudahkan proses pencernaan, mengobati sembelit, dan meningkatkan metabolisme. Sifat anti-ulseratif nangka juga mengurangi terjadinya borok dan membuat sistem pencernaan yang baik.

8. Baik untuk penglihatan

Untuk mendapatkan penglihatan mata yang lebih baik, konsumsi nangka dalam makanan harian Anda. Buah tropis ini mengandung antioksidan yang memberikan pencegahan degenerasi makula dan terjadinya katarak.

Selanjutnya, kehadiran vitamin A menjadikan nangka makanan penting untuk kesehatan mata yang baik dan juga membantu mencegah rabun senja.


(TRK)