Ini Penyebab Seseorang Punya Fobia Terhadap Rambut Rontok

Raka Lestari    •    Senin, 08 Jan 2018 16:21 WIB
kamus kesehatan
Ini Penyebab Seseorang Punya Fobia Terhadap Rambut Rontok
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa orang memiliki fobia yang unik dan tak biasa, seperti takut pada air, benang, bahkan rambut yang rontok. Untuk yang terakhir, biasanya sangat jijik jika melihat banyak helaian rambut rontok bertebaran atau menggumpal di saluran air.

Ada hal unik seperti semacam perasaan takut kepada rambut, yang disebut dengan chaetophobia atau trichophobia.  Mereka yang memiliki fobia ini umumnya membenci bulu yang rontok, baik dari manusia maupun hewan dan mungkin juga takut kehilangan rambut.

"Tidak ada hal yang pasti mengapa seseorang bisa mengalami fobia seperti ini,"  ujar Robert Reiner, direktur eksekutif dan pendiri Behavioral Associates di New York kepada Huffington Post.

Namun ia menambahkan, sesuatu dikatakan sebagai fobia jika sampai membuat kehidupan seseorang menjadi tidak berfungsi karena hal itu.

Tidak semua orang memiliki fobia yang sesungguhnya, umumnya mungkin dipicu karena kegelisahan atau ketakutan akan sesuatu, atau trauma masa lalu. Rasa takut terhadap rambut yang berserakan atau rambut yang menggumpal mungkin ada hubungannya dengan ketakutan akan kuman atau kontaminasi yang lebih luas, dan dalam beberapa kasus bisa menjadi gejala gangguan obsesif-kompulsif, ujar Dr. Bernard Vittone, direktur Pusat Nasional untuk Pengobatan Fobia, Kecemasan dan Depresi.
 
"Salah satu gejala  OCD adalah orang-orang yang takut pada kotoran atau kontaminasi," kata Vittone, dan rambut biasanya ditafsirkan sebagai sesuatu yang kotor dan terkontaminasi."

Hal yang membuat mereka cemas, kata Vittone, mungkin berasal dari pemikiran bahwa akan menjadi sakit karena rambut-rambut yang  berserakan. Beberapa orang bahkan tidak perlu berhubungan langsung dengan rambut itu sendiri sebab memikirkan tentang kontaminasi saja sudah cukup membuat mereka cemas.

Bagaimanapun, perasaan takut akan terkontaminasi kuman dari rambut yang berserakan, menurut Vittone, umumnya karena situasi tertentu dan jika mereka menjauh dari hal tersebut, perasaan takut mereka pun akan hilang dengan sendirinya.




(DEV)