Apakah Yogurt Baik untuk Anda?

Raka Lestari    •    Selasa, 27 Mar 2018 06:47 WIB
kesehatan
Apakah Yogurt Baik untuk Anda?
kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt juga dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. (Foto: Taylor Kiser/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak yang menganggap bahwa yogurt adalah salah satu makanan yang sehat. Yogurt juga sering dijadikan sebagai campuran untuk membuat makanan-makanan sehat.

Selain itu, kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt juga dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. 

Satu porsi atau sekitar delapan ons yogurt tawar dan rendah lemak mengandung 143 kalori, 3,5 gram lemak, 2 gram lemak jenuh, 12 gram protein, 16 gram karbohidrat, 16 gram gula, seperti dilansir dari Women's Health.

Jumlah tersebut juga dapat memenuhi sekitar 40 persen kebutuhan kalsium harian. Selain itu, 12 gram protein yang dapat memenuhi sekitar 11 persen kebutuhan potassium harian Anda. 

Semua yogurt secara alami memiliki sedikit gula. Karen Ansel, R.D.,mengatakan bahwa itu adalah jumlah yang seimbang dengan semua protein, kalsium, dan potasium yang terdapat di dalamnya. Namun, yogurt yang sudah diberi perasa tambahan bukanlah pilihan yang baik. Yogurt dengan perasa tambahan akan meningkatkan jumlah dan karbohidrat. 


(Kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt juga dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Yogurt Mampu Kurangi Gejala Depresi dan Cemas)

Yogurt juga mengandung "bakteri baik" yang mendukung usus dan sistem kekebalan tubuh Anda. "Probiotik dipercaya dapat memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi terhadap depresi," kata Ansel.

"Full fat yogurt akhir-akhir ini semakin disukai," tambah Ansel. Namun ia menyarankan untuk tetap memilih yogurt rendah lemak. 

"Mengingat yogurt dikemas dengan probiotik, kalsium, kalium, dan protein, yogurt adalah salah satu makanan sehat yang dapat Anda makan," kata Ansel. "Untuk nutrisi terbaik, pilih tanpa gula, tanpa rasa dan rendah lemak," katanya.

Dia menyarankan untuk mengonsumsi yogurt setiap hari jika mungkin memungkinakan. Ini karena probiotik bermanfaat dalam yogurt tidak hidup di tubuh kita untuk waktu yang lama.








(TIN)