Olahraga Singkat untuk Bugarkan Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 10 Nov 2017 17:44 WIB
Olahraga Singkat untuk Bugarkan Tubuh
Seorang fisioterapis dari Melbourne mengungkapkan bahwa olahraga intens selama tiga menit sudah cukup untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang fisioterapis dari Melbourne mengungkapkan bahwa olahraga intens selama tiga menit sudah cukup untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Kusal Goonewardena menyebutkan bahwa olahraga intens mampu memberikan manfaat yang sama dengan olahraga sedang selama 30 menit di tempat gym, seperti disarankan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Fisioterapis profesional tersebut menyarankan untuk mengerahkan 85 persen dari tingkat pengeluaran maksimum seperti skipping, lari sprint, atau loncat bintang.



Secara teori, orang yang terbiasa menghabiskan waktu berolahraga di gym akan merasa latihan semakin kurang intens seiring dengan meningkatnya kebugaran.

Ketika kebutuhan waktu berolahraga semakin meningkat, kebanyakan dari kita tak bisa memenuhinya.

(Baca juga: Jogging Mempertajam Pikiran dan Daya Ingat)

Rencana Kusal menyarankan untuk meniru gaya latihan umum yang dikenal dengan HIIT, singkatan dari pelatihan interval intensitas tinggi.

Gaya pelatihan singkat dan cepat menaikkan ini sangat populer di kalangan set kebugaran selebriti, meski biasanya dilakukan sedikit lebih lama dari tiga menit.



Rutin HIIT yang khas akan terdiri dari latihan intensitas tinggi 20-40 detik, diikuti oleh periode istirahat singkat. Selanjutnya, dilakukan pengulangan 10 kali atau lebih.

Olahraga HITT telah terbukti membantu menurunkan berat badan, mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga tubuh agar tetap membakar lemak hingga 24 jam setelah selesai berolahraga.

Ditambah lagi, sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa orang-orang yang melakukan HIIT daripada latihan dengan intensitas rendah, seperti jogging satu jam, cenderung lebih menikmati latihan mereka.







(TIN)