Pilihan Gaya Hidup Berkaitan dengan Panjang Umur Anda

Torie Natalova    •    Jumat, 01 Dec 2017 09:56 WIB
Pilihan Gaya Hidup Berkaitan dengan Panjang Umur Anda
Sebuah studi terbaru menegaskan bahwa perubahan rentang hidup Anda dapat dilakukan dengan cara sederhana yakni mengubah gaya hidup Anda. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Anda mungkin termasuk salah satu orang yang khawatir dengan masalah kesehatan dan rentang umur Anda. Sebuah studi terbaru menegaskan bahwa perubahan rentang hidup Anda dapat dilakukan dengan cara sederhana yakni mengubah gaya hidup Anda.

Tidak merokok, mengontrol berat badan, dan terus belajar hal baru dapat membantu Anda hidup lebih lama. Selain itu, gen juga memainkan peran dalam pilihan gaya hidup yang dibuat.

Menurut peneliti, kekuatan data dan genetika yang besar memungkinkan kita membandingkan pengaruh berbagai perilaku dan penyakit. Namun, penelitian ini tidak membuktikan bahwa pilihan gaya hidup menyebabkan rentang umur memendek atau menjadi panjang.


(Sebuah studi terbaru menegaskan bahwa perubahan rentang hidup Anda dapat dilakukan dengan cara sederhana yakni mengubah gaya hidup Anda. Foto: Courtesy of Ajc.com/Pinterest)

Untuk penelitian ini, para ilmuwan menganalisis informasi genetik dari lebih 600 ribu orang di Amerika, Eropa dan Australia untuk menentukan bagaimana gen memengaruhi rentang hidup. Misalnya, gen tertentu dikaitkan dengan peningkatan konsumsi alkohol dan kecanduan.

Merokok dan yang berkaitan dengan kanker paru-paru memiliki efek paling besar dalam memerpendek usia harapan hidup seseorang. Para peneliti menemukan bahwa orang yang menghisap sebungkus rokok setiap hari selama seumur hidupnya, menyebabkan rata-rata kehilangan tujuh tahun kehidupannya.

(Baca juga: 7 Tips Gaya Hidup Memasuki Usia 30)

Tapi, perokok yang berhenti merokok dapat hidup selama seperti orang yang tidak pernah merokok. Para peneliti juga menemukan bahwa lemak tubuh dan faktor lain yang terkait dengan diabetes, mengurangi harapan hidup lebih lama. Temuan menunjukkan, untuk setiap kelebihan 2,2 pon, harapan hidup berkurang dua bulan.


(Tidak merokok, mengontrol berat badan, dan terus belajar hal baru dapat membantu Anda hidup lebih lama. Foto: Courtesy of WP Dev Shed/Pinterest)

Sementara itu, orang yang terbuka untuk menghadapi pengalaman baru dan memiliki tingkat pembelajaran yang lebih tinggi juga cenderung hidup lebih lama.

Penelitian menunjukkan, setiap tahun menghabiskan waktu belajar di luar sekolah dapat menambahkan satu tahun rentang kehidupan seseorang.

Peneliti juga menemukan bahwa perbedaan gen yang memengaruhi kadar kolesterol darah dapat mengurangi rentang hidup sekitar delapan bulan dan perbedaan gen yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh dapat menambah sekitar setengah tahun harapan hidup seseorang.







(TIN)