Asupan 1.000 Mg Vitamin C Sesuai dengan Kebutuhan Tubuh?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 27 Oct 2017 11:04 WIB
kesehatan
Asupan 1.000 Mg Vitamin C Sesuai dengan Kebutuhan Tubuh?
(Foto: Indiamart)

Metrotvnes.com, Jakarta: Berbagai produk peningkat stamina atau daya tahan tubuh umumnya memiliki asupan gizi sebanyak 1.000  miligram (mg) vitamin C. Apakah takaran tersebut memang sesuai dengan kebutuhan tubuh?

Menurut pakar nutrisi Dr Matthew Lantz Baylock, PhD, jumlah tersebut telah direkomendasikan sejak 1940-an. Namun, takaran tersebut ditujukan untuk para tentara yang sedang berperang. Untuk asupan keseharian, jumlah tersebut kurang tepat.

Ia menjelaskan, takaran minimum vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh adalah 400 mg. Sementara, untuk memaksimalkan simpanan dalam tubuh diperlukan sekitar 1.000-2.000 mg.

"Jadi, minum 1.000 mg vitamin C per hari masih aman," tegas Dr Matthew.

Ia menekankan bahwa asupan sebanyak 250 mg vitamin C saja sudah cukup. Bila sudah merasa tak enak badan atau gejala flu mulai muncul, asupan vitamin tersebut bisa dinaikkan hingga 1.000 mg untuk mempercepat proses penyembuhan.

Vitamin C memiliki peran yang besar untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, bahan kimia beracun, dan polutan.




(DEV)