Diet yang Salah Bisa Menghilangkan Massa Otot

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 05 Oct 2017 12:38 WIB
diet
Diet yang Salah Bisa Menghilangkan Massa Otot
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lemak menjadi sasaran yang ingin dihilangkan orang yang melakoni diet. Namun, alih-alih lemak menyusut, yang hilang justru massa otot lantaran Anda menganut pola makan yang salah. Kebiasaan berikut ini adalah beberapa contoh hal yang dapat menyusutkan massa otot, bukan lemak.

1. Tidak makan setelah olahraga

Jika Anda tak mengisi ulang tenaga setelah berolahraga, maka tubuh tidak akan kembali pulih. Hal tersebut berdampak pada kehilangan otot. Jadi, jika Anda berolahraga selama 45 menit, konsumsilah sekitar 20 gram protein setelahnya.

2. Terlalu banyak olahraga kardio

Banyak berkeringat memang baik untuk membakar kalori. Namun, Anda juga bisa kehilangan otot. Agar hal tersebut tak terjadi, lakukan olahraga kardio dua atau tiga kali seminggu dan lakukan pemanasan di hari-hari lain.

3. Kurang tidur

Kurang tidut dapat membuat hormon tak berfungsi dengan normal. Akibatnya, kortisol akan meningkat sehingga karbohidrat disimpan sebagai lemak. Selain itu, Anda akan merasa kelelahan dan tak memiliki stamina untuk berolahraga.

4. Tidak fokus pada olahraga kekuatan

Olahraga yang biasanya dilakukan adalah push up, yang berfokus pada otot. Jika anda melakukan diet yang kurang asupan kalori, maka tubuh akan menggerogoti otot untuk mencari tambahan kalori.

5. Kurang protein

Anda membutuhkan protein dalam bentuk asam amino 9 yang banyak terdapat pada telur, produk susu, atau daging untuk membentuk otot. Jika Anda tak mengasup cukup protein, maka otot pin akan semakin mengecil.

6. Kurang kalori

Kekurangan kalori dapat memperlambat sistem metabolisme sehingga tubuh merasa kelaparan. Akibatnya, tubuh menggunakan otot dan lemak sebagai sumber energi. Untuk meminimalkan kehilangan otot, cobalah kurangi asupan 500-1.000 kalori per hari.




(DEV)