Sering Lelah Pertanda Metabolisme Tubuh Terganggu

Raka Lestari    •    Minggu, 19 Nov 2017 15:14 WIB
kesehatan
Sering Lelah Pertanda Metabolisme Tubuh Terganggu
Sering lelah jadi pertanda metabolisme tubuh yang kurang baik (Foto: Prevention)

Jakarta: Metabolisme memiliki peran penting pada tubuh, salah satunya untuk membakar kalori. Semakin baik metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang dibakar.

Seiring bertambah usia, metabolisme tubuh semakin menurun. Namun, hal itu normal.

"Tapi artinya, Anda harus bekerja lebih keras lagi untuk menjaga berat badan," kata Scott Keatley, R.D., dari Keatley Medical Nutririon Therapy.

Selain usia, beberapa hal lain juga bisa membuat kinerja metabolisme turun. Dilansir dari Women's Health, hal tersebut ditandai dengan gejala sebagai berikut.

1. Sering merasa lelah

Kelelahan bisa dipicu oleh banyak hal, termasuk kurang tidur dan jarang berolahraga. "Tapi jika Anda sering merasa lelah, itu bisa menjadi pertanda bahwa metabolisme Anda sedikit lebih lambat karena tubuh Anda tidak melakukan pekerjaan dengan baik dalam mengubah asupan makanan menjadi energi," kata Lisa Moskovitz, RD dan CEO NY Nutrition Group.

2. Kulit dan rambut menjadi kering

Bila metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik, tubuh tidak melakukan regenerasi  sel dengan normal, kata Keatley. Namun, hal ini juga bisa terjadi jika Anda mengidap gizi buruk.

3. Mengidam gula dan tepung

Mengidam menjadi cara tubuh untuk meminta asupan energi, kata Moskovitz. Jika Anda makan dengan baik dan cukup tidur tetapi masih memiliki keinginan yang kuat akan makan makanan tertentu, bisa jadi metabolisme Anda tidak secara efektif mengubah makanan yang sudah Anda makan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

4. Merasa kedinginan

Metabolisme Anda juga membantu menghasilkan panas, dan jika metabolisme berjalan lambat, Anda mungkin lebih merasa kedinginan, kata Keatley.

5. Suasana hati berubah-ubah
Metabolisme yang tidak bekerja optimal membuat Anda merasa lesu dan merasakan suasana hati yang buruk.




(DEV)