Manfaat Menggambar untuk Otak

Raka Lestari    •    Selasa, 18 Dec 2018 07:33 WIB
kesehatan
Manfaat Menggambar untuk Otak
Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Experimental Aging Research menemukan bahwa menggambar dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Sebaik atau seburuk apapun gambar yang Anda hasilkan, ternyata menggambar bisa memiliki efek positif pada otak Anda. 

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Experimental Aging Research menemukan bahwa menggambar dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda, bahkan jika Anda bukanlah seorang pelukis yang "baik". 

Untuk penelitian ini, para peneliti dari University of Waterloo di Kanada merekrut mahasiswa dan warga yang sudah berusia lanjut untuk berpartisipasi dalam serangkaian eksperimen.

Di mana mereka mencoba berbagai jenis teknik menghafal dan kemudian menguji kemampuan mereka untuk mengingat kembali apa yang telah mereka hafal, dikutip dari Elite Daily. 

Dan para peneliti menemukan bahwa baik peserta yang lebih tua maupun yang lebih muda akan lebih mudah mengingat sesuatu ketika mereka menggambar, daripada menulis, apa yang perlu mereka hafalkan. 


(Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Experimental Aging Research menemukan bahwa menggambar dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda, bahkan jika Anda bukanlah seorang pelukis yang "baik". Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

(Baca juga: Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa)

"Kami berpikir bahwa gambar sangat relevan untuk orang dengan demensia karena menggunakan wilayah otak yang masih baik dan dapat membantu orang yang mengalami gangguan kognitif dengan fungsi memori," ujar Melissa Meade, salah satu penulis studi tersebut. 

Ia juga menambahkan, "Temuan kami memiliki implikasi yang menarik untuk intervensi terapeutik untuk membantu pasien demensia mengingat memori berharga mereka sepanjang perjalanan penyakit mereka tersebut." 

Menggambar meningkatkan memori untuk membantu melakukan berbagai tugas di berbagai usia dan merupakan hal sederhana yang dapat digunakan dalam berbagai hal. 





(TIN)