Merokok Memicu Rusaknya Dinding Lambung

Sunnaholomi Halakrispen    •    Jumat, 01 Feb 2019 09:11 WIB
kesehatan
Merokok Memicu Rusaknya Dinding Lambung
Penyebab sakit mag yang lain ialah seringnya Anda mengonsumsi makanan yang memicu meningkatkan asam lambung. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Perut perih karena sakit mag akan terasa amat menyiksa. Apalagi, jika keseharian Anda dipenuhi banyak aktivitas. Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak hal yang menjadi penyebab sakit mag?

Ternyata penyebab timbulnya sakit mag adalah merokok. Hal tersebut dibenarkan oleh dr. Edwin Jim, SpPD-KPTI selaku dokter Spesialis Penyakit Dalam sub-spesialis Penyakit Tropik-Infeksi dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta kepada Medcom.id.

"Merokok itu kan banyak zat kimia dan racun yang masuk ke radang dan itu akan merusak dinding lambung. Sehingga kandungan asamnya lebih tinggi, meningkat," ujar dr. Edwin.

Penyebab sakit mag yang lain ialah seringnya Anda mengonsumsi makanan yang memicu meningkatkan asam lambung. Misalnya, makanan yang rasanya asam dan pedas. Makanan yang berminyak dan bersantan juga berpengaruh.


(Dr. Edwin Jim, SpPD-KPTI, Dokter Spesialis Penyakit Dalam sub-spesialis Penyakit Tropik-Infeksi dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta. Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

"Kemudian minum kopi juga. Stres, misalnya kalau mau ujian biasanya kita terbawa pikiran dan menjadi tegang," ujar dokter yang ramah ini.

Baca juga: Cerita Sandra Dewi Memberikan MPASI pada Anak Pertamanya

Terlambat makan juga menjadi penyebabnya. dr. Edwin menjelaskan, terlambat makan memengaruhi durasi waktu makan yang tidak teratur. Jarak tubuh menerima makanan pun menjadi lambat.

"Asam lambungnya jadi lebih banyak dan perut akan sakit. Misalnya tidur malam jam delapan dan bangun jam enam tapi baru makan di jam 10," paparnya.

Dokter spesialis penyakit dalam itu pun menekankan pentingnya sarapan. Apabila sarapan tak dilakukan, maka energi dan konsentrasi Anda akan lebih rendah dibandingkan orang yang sarapan.

Namun, berbeda dengan Anda yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Ketika berpuasa, pikiran dan tubuh telah seirama berkomitmen untuk mengubah waktu makan. Mag dan saluran pencernaan Anda pun akan menyesuaikannya.

Peran Keluarga dalam Menangkal Diabetes



(FIR)