Berbagi Ranjang dengan Anjing Bikin Perempuan Tidur Lebih Nyenyak

Dhaifurrakhman Abas    •    Senin, 10 Dec 2018 17:28 WIB
tidur
Berbagi Ranjang dengan Anjing Bikin Perempuan Tidur Lebih Nyenyak
Ilustrasi seekor anjing tertidur (Foto: Adam Grabek/Unsplash)

Jakarta: Anjing merupakan salah satu hewan yang paling setia buat manusia. Mereka juga paling bisa berintegrasi mengatasi bermacam situasi bersama pemiliknya.

Misalnya saja, jenis German Shepherd yang membantu unit K-9 kepolisian dalam memberantas aksi kriminal. Hingga Poodle yang berlenggok-lenggok di karpet merah, bersama model profesional.

Bukan hanya itu. Anjing ternyata bisa membantu majikannya tidur lebih lelap ketimbang bersama pasangan. Hal ini diungkap melalui sebuah penelitian yang dilakukan Canisius College di Buffalo, New York.

Mengutip New York Post, metode pada penelitian ini menyurvei 962 perempuan dewasa yang tinggal di Amerika. Hasilnya, ternyata 55 persen peserta berbagi tempat tidur setidaknya bersama seekor anjing.

Sementara 31 persen dari peserta berbagi ranjang bersama seekor kucing. Adapun 57 persen peserta tidur bersama pasangannya.  

Hasil studi menunjukkan bahwa perempuan cenderung merasa aman dan nyaman ketika tidur bersama anjing miliknya. Sedangkan kucing dan manusia dianggap mengganggu tidur dan hanya sedikit memberikan rasa aman dan nyaman.

"Memiliki anjing serta tanggung jawabnya, dapat menyebabkan seseorang mematuhi dan menjaga pola tidur mereka dengan konsisten," kata seorang peneliti Canisius College.

Perempuan bukan satu-satunya yang mengaku mendapatkan tidur lebih nyaman bersama anjing miliknya. Penelitian Mayo Clinic di Arizona terhadap 40 orang dewasa laki-laki maupun perempuan mengamini hasil serupa.

Meski pada studi tersebut menyarankan untuk tidak tidur bersama anjing di luar ranjang. Sebab akan mengganggu siklus istirahat manusia.

Jangan Abaikan Waktu Tidur!



(FIR)