Lima Cara Mengatasi Bibir Bengkak dalam Semalam

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 08 Oct 2018 11:14 WIB
tips kesehatan
Lima Cara Mengatasi Bibir Bengkak dalam Semalam
(Foto: Medicalnewstoday)

Jakarta: Masalah bibir bengkak sangat mengganggu bagi banyak orang. Selain jelas terlihat, rasa gatal dan nyeri pun tak jarang dirasakan. 

Bagi Anda yang masih ragu menggunakan bahan kimia untuk mengempeskan bengkak, cobalah beberapa bahan alami berikut yang dapat memberi hasil dalam semalam. 

1. Kunyit 

Sifat anti-inflamasi kunyit membantu mengurangi pembengkakan, selain kandungan antiseptik. Campurkan satu sendok makan bubuk Fuller's Earth dan sejumput kunyit dengan air dingin. Aplikasikan pada area yang membengkak, biarkan semalaman atau hingga kering. Setelah itu, cuci dengan air suam-suam kuku. 

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang terkena memiliki kandungan anti-inflamasi dan bagus mengobati bengkak akibat gigitan serangga. Ambillah lendir lidah buaya dan langsung aplikasikan pada bibir yang bengkak. Pijat dengan gerakan memutar yang lembut. Diamkan semalaman. 

3. Baking Soda 

Kandungan antiseptik dan anti-inflamasi dalam baking soda membantu dalam mengobati bibir bengkak secara efektif. Campurkan 1 sdm baking soda dengan beberapa tetes air. Oleskan ini pada bibir dan biarkan selama 10 menit atau semalam. Gunakan air dingin untuk membilas campuran secara menyeluruh. 

4. Madu

Madu adalah bahan alami yang dapat mengatas bibir bengkak dengan efektif. Celupkan bola kapas dalam satu sendok makan madu mentah. Oleskan di bibir dan pijat dengan lembut. Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum tidur dan bersihkan dengan air dingin.

5. Minyak kelapa

Kelapa Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang akan membantu mengobati berbagai jenis jamur, bakteri, atau virus pada kulit. Selain itu, bahan alami ini juga membantu menghilangkan kotoran pada kulit secara efektif. Oleskan minyak kelapa murni pada bibir. Pijat lembut dengan gerakan memutar dengan bantuan ujung jari. Biarkan semalam dan bersihkan pagi hari berikutnya dengan air biasa.





(DEV)