Jumlah Penderita Diabetes Usia Muda Meningkat, Ini Penyebabnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 Nov 2016 10:46 WIB
kesehatan
Jumlah Penderita Diabetes Usia Muda Meningkat, Ini Penyebabnya
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit metabolik diabetes umumnya menyerang mereka yang sudah berusia senja. Namun, bukan tak mungkin penyakit ternyata sudah diderita mereka yang berusia muda. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

"Ini kemungkinan karena konsumsi garam orang muda sekarang relatif meningkat sehingga menyebabkan hipertensi awal," ujar ahli endokrin-metabolik-diabetes Dr. dr. Rr. Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD-KEMD dalam konfrensi pers Jakarta Diabetes Meeting (JDM) 2016, Selasa (8/11/2016).

Ia meneramgkan, kebanyakan orang menyukai makanan yang memiliki cita rasa tinggi sehingga ketika mereka merasa makanan tersebut hambar, makan akan ditambahkan penyedap rasa, yang juga dikategorikan sebagai garam.

Sementara itu, dr. Dyah jugamengungkapkan bahwa bagi mereka yang memiliki keturunan diabetes, seharusnya lebih waspada dengan melakukan tes diabetes sejak dini. Ia menyarankan untuk melakukannya tiga tahun sekali untuk mereka yang sudah berumur di atas 20 tahun, dan setahun sekali untuk mereka yang sudah berumur di atas 40 tahun.

"Selain memeriksakan diri, yang harus lebih diperhatikan lebih dulu adalah gaya hidupnya," saran ketua panitia JDM 2016 tersebut.

Ia menyarankan, untuk para orang tua agar tidak memperkenalkan makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada anak yang manis, namun sayuran lebih diutamakan, memperkenalkan garam saat anak berusia satu tahun, atau menghindari penggunaan gadget terlalu dini.

 


(DEV)