Bolehkah Anak Minum Susu 5 Gelas dalam Sehari?

Nia Deviyana    •    Kamis, 17 Nov 2016 12:06 WIB
kesehatan anak
Bolehkah Anak Minum Susu 5 Gelas dalam Sehari?
(Foto: NBCnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang ibu khawatir karena anaknya yang berusia 5 tahun begitu gemar minum susu. Masalahnya, anak tersebut bisa minum 5-6 gelas susu per hari. Sang ibu khawatir jumlah tersebut melebihi dosis yang dianjurkan.

Dr Jonathon Maguire, dokter anak dan peneliti di Rumah Sakit St Michael Toronto, menjelaskan, susu sapi adalah sumber makanan terbaik yang sarat nutrisi penting. Termasuk protein, lemak, kalsium, dan vitamin D. Selain itu, susu juga mudah diperoleh.

Walau demikian, makanan apapun tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Dietary Guidelines for Americans 2015 merekomendasikan anak-anak mengonsumsi 2 sampai 3 gelas susu per hari.

"Lima hingga enam cangkir untuk usia 5 tahun itu berlebihan," ujar Angela LeMond, juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, seperti dilansir New York Times.

Sebelumnya, studi pada 2013 yang dilakukan Dr Maguire menemukan, anak-anak usia 2 hingga 5 tahun yang minum banyak susu memang mengalami peningkatan vitamin D  dalam tubuhnya. Namun, pada saat yang sama, jumlah zat besi juga menurun sehingga anak-anak berisiko mengalami anemia dan masalah pada perkembangan otak.

Dengan minum 2-3 cangkir saja per hari, kebutuhan nutrisi vitamin D telah terpenuhi tanpa risiko kekurangan zat besi.

Mengapa kalisum memengaruhi jumlah zat besi?

Kalsium dalam susu diduga menghambat penyerapan zat besi, mineral, dan serat. Susu juga sangat rendah kandungan zat besi, sehingga anak-anak yang terlalu banyak minum susu akan mengalami ketidakseimbangan nutrisi.

"Kita harus membiasakan anak makan dan minum apapun dalam jumlah sedang dan bervariasi agar kebutuhan nutrisi tercukupi dengan baik," ucap Dr Maguire memberikan saran.

 


(DEV)