Manfaat Tidur Siang Bagi si Kecil

Yatin Suleha    •    Kamis, 17 Nov 2016 15:34 WIB
kesehatan anak
Manfaat Tidur Siang Bagi si Kecil
Berdasarkan hasil penelitian University of Arizona, tidur siang menambah kemampuan anak usia 15 bulan untuk memproses informasi yang ia dapatkan dan mengaplikasikan pengetahuan itu pada suasana baru. (Foto: Ohbaby)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah tidur siang bagi si kecil benar-benar bermanfaat? Ternyata tidur siang bukan hanya baik bagi Anda, tapi baik bagi si kecil juga.

Berdasarkan hasil penelitian University of Arizona, tidur siang menambah kemampuan anak usia 15 bulan untuk memproses informasi yang ia dapatkan dan mengaplikasikan pengetahuan itu pada suasana baru.

Faktanya, satu kali tidur siang yang sehat (atau dua kali) membantu anak agar tidur lebih nyenyak di malam hari.

Anak di bawah dua tahun yang tidur kurang dari 12 jam per hari, sudah termasuk tidur siang, punya risiko dua kali lipat kelebihan berat badan pada usia 3 tahun.

(Baca juga: Tidur Siang Bareng Suami, Kenapa Tidak?)

Dan bukti klinis ini menunjukkan bahwa anak yang cukup tidur siang cenderung lebih tidak rewel sepanjang hari

Bagi si kecil, Anda hanya perlu konsisten dalam menjalankan rutinitas tidur siang ini. "Tidur siang sangat vital sehingga saya percaya orangtua perlu menyesuaikan jadwal keseharian dengan jam tidur siang anak," ungkap Lewis J. Kass, MD, spesialis masalah tidur anak di Mount Kisco, New York.

Sebagian besar pakar masalah tidur setuju bahwa jika batita melewatkan waktu tidur siang, mereka biasanya tidak dapat "membayar" kehilangan waktu tidur itu dengan tidur malam lebih awal atau lebih pulas.

"Peran tidur dalam pertumbuhan, metabolisme, dan perkembangan sangat besar," ungkap Dr. kass. "Sekresei hormon pertumbuhan dari kelenjar pituitary memerlukan tidur yang nyenanyak tanpa terganggu," tambah Dr. Kass.







(TIN)

Video /