Banyak Makan Buah dan Sayur Bantu Cegah Stres pada Wanita

Nia Deviyana    •    Minggu, 19 Mar 2017 17:15 WIB
tips kesehatan
Banyak Makan Buah dan Sayur Bantu Cegah Stres pada Wanita
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penelitian terbaru mengungkap alasan lain untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur selain untuk kesehatan pencernaan. Peneliti menjelaskan, makan hingga tujuh porsi sayur dan buah per hari dapat menurunkan risiko stres psikologis pada wanita paruh baya.

Berdasarkan laporan American Psychological Assciation, sekitar tiga perempat dari orang dewasa di Amerika Serikat tercatat mengalami salah satu gejala stres selama sembilan bulan terakhir, termasuk mudah marah, gelisah, cemas, dan depresi.

Stres diketahui berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan, baik mental maupun fisik. Salah satu contohnya, stres kronis dapat meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Meski stres juga tak bisa sepenuhnya dihindari, ada baiknya melakukan hal-hal yang bisa membantu memanajemen stres. Salah satunya dengan menambah asupan sayur dan buah.

Studi ditulis pertama kali oleh Binh Nguyen, mahasiswa Ph.D di University of Sydney, Australia. Temuannya dipresentasikan di jurnal BMJ Open.

Nguyen melakukan analisis terhadap 60.404 pria dan wanita usia 45 tahun ke atas. Peserta yang diteliti ini merupakan bagian dari Sax Institute's 45 and Up Study, penelitian beskala besar yang melibatkan lebih dari 267 ribu orang dewasa Australia.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan setiap dua tahun sekali, yakni pada 2006, 2008, dan 2010.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi 3-4 porsi buah dan sayur setiap hari berhasil menurunkan risiko stres sebanyak 12 persen dibandingkan mereka yang tidak pernah, atau hanya makan satu porsi per hari.

Sementara, makan 5-7 porsi buah dan sayur setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko stres sebanyak 14 persen.

Namun, saat dikelompokkan berasarkan jenis kelamin, peneliti menemukan khasiat buah dan sayur untuk menurunkan stres bekerja lebih baik pada wanita. Disebutkan, wanita yang makan 5-7 porsi buah dan sayur mampu menurunkan 23 persen risiko stres.

 


(DEV)