4 Makanan untuk Mengatasi Rambut Rontok

Nia Deviyana    •    Rabu, 23 Nov 2016 17:25 WIB
tips kesehatan
4 Makanan untuk Mengatasi Rambut Rontok
(Foto: Prevention)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kerontokan rambut disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain karena bertambahnya usia, gangguan imun, diabetes, kekurangan vitamin, stres, atau kurang tidur.


Apapun penyebabnya, kerontokan rambut bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

1. Salmon Rambut membutuhkan protein untuk merangsang tumbuhnya helai baru dan menjaga agar akar rambut tetap kuat. Protein juga dibutuhkan untuk memproduksi keratin dan komponen struktural utama pada rambut. Salmon adalah makanan tepat untuk memenuhi kebutuhan protein. Salmon juga kaya asam omega-3 yang baik untuk otak.

2. Kacang dan biji-bijian

Temuan yang dipublikasikan dalam Jurnal Kosmetik Dermatologi memperlihatkan, peserta yang rutin mengonsumsi asam lemak omega-3 dan omega-6 mendapatkan manfaat positif untuk rambut mereka. Setelah 6 bulan, 90 persen melaporkan terjadi pengurangan dalam hal kerontokkan rambut. Sementara 87 persen lainnya mengatakan bahwa rambut mereka menjadi lebih tebal.


Asam lemak omega-3 dan omega-6, selain terdapat pada ikan juga dapat ditemukan pada kenari, biji rami, dan wijen.

3. Bayam

Sebuah studi menemukan, mereka yang mengalami kerontokan rambut cenderung kekurangan vitamin D dan zat besi. Bayam adalah pilihan makanan yang baik karena kaya vitamin C yang membantu penyerapan zat besi.

4. Rumput laut

Suplemen yang mengandung cistanche tubulosa dan laminaria japonica direkomendasikan untuk mengatasi kerontokan rambut ringan hingga berat. Kandungan yang terdapat dalam rumput laut untu terbukti secara efekif meningkatkan volume rambut dan meminimalisir kerontokan setelah dikonsumsi selama 16 minggu.
 
 



(DEV)