Pemberian Antibiotik yang Orangtua Perlu Tahu

Yatin Suleha    •    Selasa, 08 Nov 2016 12:28 WIB
kesehatan anak
Pemberian Antibiotik yang Orangtua Perlu Tahu
Pemberian antibiotik pada anak bukan berdasarkan usia, melainkan berdasarkan berat badan sehingga perhitungan tepat dan tidak menimbulkan efek samping. (Foto: Cdn2.momjunction)

Metrotvnews.com, Jakarta: Antibiotik sudah bukan hal yang asing lagi. Namun seberapa Anda paham mengenai antibiotik, misalnya mengapa antibiotik sebaiknya Anda konsumsi dengan petunjuk dokter terlebih dahulu. 

Dr. Elisabeth Hutapea, SpA, dari RS Royal Taruma, Jakarta menerangkan bahwa dalam memberikan antibiotik tidak sembangan. Ini beberapa alasan mengapa pemberian antibiotik perlu disetujui oleh dokter terlebih dahulu, dan Anda perlu tahu.

1. Pemberian antibiotik tidak boleh sembarang. Misalnya sisa antibiotik dewasa yang diberikan pada anak-anak, ataupun sebaliknya.

2. Sebaiknya tidak membeli dan mengonsumsi tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

(Baca juga: Bahaya Memberi Obat Orang Dewasa untuk Anak)

3. Antibiotik harus dihabiskan agar tidak menimbulkan efek negatif yaitu kebal (resisten).

4. Efek samping yang berbahaya dalam memberikan antibiotik secara tidak bijak bisa menimbulkan alergi walau hal ini jarang terjadi dan sifatnya individual.

5. Umumnya antibiotik yang diberikan kepada anak adalah antibiotik yang aman, sehingga tidak ada efek negatif seperti misalnya bisa merusak gigi, tulang, dan lainnya.

6. Pemberian antibiotik pada anak bukan berdasarkan usia, melainkan berdasarkan berat badan sehingga perhitungan tepat dan tidak menimbulkan efek samping.







(TIN)