Ini Cara Makan yang Tepat untuk Hidup Sehat

Torie Natalova    •    Senin, 13 Mar 2017 16:51 WIB
kesehatan
Ini Cara Makan yang Tepat untuk Hidup Sehat
Buah-buahan dan sayuran yang berwarna berguna untuk memperlambat penurunan kognitif. (Foto: Taste-June-4-Mikkel-Jul-Hvilshoj)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan merupakan salah satu sumber kehidupan setiap manusia. Kesalahan dalam makanan dapat mengganggu kesehatan tak hanya jiwa tapi juga fisik.

Makan dengan kombinasi yang tepat dan bernutrisi dapat memaksimalkan kesehatan Anda terutama dalam upaya untuk membalikkan kerusakan kognitif ringan, meningkatkan perhatian dan meningkatkan suasana hati.

Ini adalah beberapa panduan yang dapat Anda coba untuk membuat rencana makan Anda sendiri.

1. Tambahkan bumbu setiap kali makan
Salah satu pertahanan otak adalah dengan menambahkan bumbu atau rempah-rempah dalam makanan Anda. Rempah-rempah berfungsi seperti obat untuk otak kecil. Menggunakan rempah-rempah setiap hari dapat memberikan Anda vitamin, mineral dan antioksidan.

Lada hitam, cabai rawit, adas manis, kemangi, cengkeh, ketumbar, jintan, bawang putih, kunyit dan lainnya dapat meningkatkan kinerja kognitif, mengurangi peradangan otak atau mengurangi kecemasan.

2. Kafein yang tepat meningkatkan kognisi
Kafein merupakan senyawa yang paling banyak dikonsumsi. Kafein dapat meningkatkan rentang perhatian karena merangsang sistem saraf pusat dan memompa darah ke otak. Konsumsi kafein secara teratur memiliki efek positif pada penyimpanan memori dan kinerja pengambilan. 

Namun, dosis tinggi kafein juga terbukti memberikan efek negatif pada memori jangka panjang. Konsumsi kafein sebaiknya tidak melebihi 300 mg per hari.

3. Yogurt membantu meningkatkan kecepatan otak
Makan 8 ons cangkir yogurt tanpa rasa dan rendah lemak setiap hari menawarkan dosis tinggi protein dan lemak sehat yang dapat meningkatkan kecepatan otak Anda. Yogurt juga dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan karena tinggi kalsium dan protein.

(Baca juga: Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat)

4. Protein tanpa lemak membentuk kekuatan otak
Beberapa faktor dapat mempengaruhi pikiran Anda, termasuk glukosa dan hubungannya dengan memproduksi insulin. Glukosa adalah bahan bakar utama sel-sel otak dan insulin mengatur kadar glukosa. Makanan yang kaya protein atau serat hanya menghasilkan kenaikan glukosa dan insulin, menjaga keduanya tetap normal.

5. Pilih makanan kaya serat
Serat seperti sikat untuk pencernaan yang dapat membersihkan usus besar, membantu mengontrol gula darah, menarik lemak dari arteri, meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Serat membuat perut merasa kenyang lebih lama.



6. Minum banyak air
Minum air yang banyak dapat meningkatkan fokus Anda. Otak juga akan jauh lebih efektif jika terhidrasi dengan baik. Air juga dapat membersihkan sistem pencernaan Anda, menggerakkan partikel makanan bersama dengan kecepatan tinggi, yang menyebabkan penurunan berat badan.

7. Makan buah dan sayuran berwarna
Buah-buahan dan sayuran yang berwarna berguna untuk memperlambat penurunan kognitif. Karena, mereka menyediakan serat tambahan, vitamin dan antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah berwarna merah mengandung lycopene yang mendukung sistem kardiovaskular untuk menjaga memompa darah ke seluruh organ tubuh termasuk otak. Buah-buahan berwarna kuning dan sayuran dapat melindungi penglihatan. Sayuran berwarna hijau dapat menurunkan risiko kanker.

Sangat penting untuk menyeimbangkan karbohidrat, protein dan lemak terutama setiap makan malam. Pada setiap kali makan, isi piring Anda dengan satu protein, dua buah yang berbeda atau sayuran dengan warna-warna cerah. Gunakan lemak sehat untuk memasak, batasi karbohidrat kompleks.






(TIN)