Kecanduan Sosial Media, Salah Satu Ciri Depresi

Torie Natalova    •    Senin, 26 Mar 2018 10:49 WIB
depresi
Kecanduan Sosial Media, Salah Satu Ciri Depresi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ketidakmampuan untuk bangun dari tempat tidur, rasa harga diri yang rendah, ketakutan dan menyendiri terus menerus, merupakan salah satu gejala dari depresi.

Namun, hal itu saja hampir tidak menggambarkan secara lengkap tentang apa penyakit mental yang berdampak pada 1 dari 8 wanita di Amerika ini.

300 juta orang yang hidup dengan depresi saat ini tidak dapat diobati, termasuk mereka di negara yang berpenghasilan tinggi sekalipun. Ini terjadi karenaberbagai alasan termasuk fakta bahwa depresi sangat sulit dideteksi.

Psikolog Susanne Cooperman menunjukkan beberapa gejala depresi yang tak terduga pada wanita. Perlu diketahui, gejala-gejala ini terjadi sepanjang dan hampir setiap hari.

1. Kehilangan kontrol terhadap amarah

Kesal atau kemarahan yang berlebihan adalah gejala bagi lebih dari separuh orang yang mengalami depresi berat dan panjang.

2. Sering bangun lebih awal

Depresi dapat menyebabkan beberapa wanita tidur sepanjang waktu. Tapi Susanne menjelaskan bahwa orang lain mulai kurang tidur, sering bangun lebih awal pada pagi hari. Jika tiba-tiba secara konsisten Anda bangun sekitar pukul 4 atau 5 pagi dan tidak bisa tidur kembali, Anda mungkin mengalami tanda depresi.

3. Hobi tidak lagi menyenangkan

Kehilangan minat atau hobi yang biasa dilakukan adalah tanda depresi. Pada orang yang sudah mengalami fase ini, tentu sangat sulit untuk keluar dari depresi, karena biasanya melakukan hal yang menyenangkan dapat mengurangi stres.

4. Kecanduan sosial media

Apakah Anda lebih kecanduan media sosial daripada biasanya? Menurut Susanne, peningkatan dalam menggunakan media sosial bisa jadi salah satu taktik yang dipakai orang depresi yang tidak terdiagnosis untuk mengabaikan akar penyebab dari apa yang mereka rasakan. Ada sedikit semburan adrenalin setiap kali Anda mendapat pesan yang disukai.

Ini lama-lama bisa menyebabkan kelelahan karena Anda dapat melihat gawai dalam waktu yang lama.

5. Nyeri di punggung bawah

Depresi meningkatkan kemungkinan Anda mengalami nyeri punggung bawah. Semakin buruk depresi, semakin besar rasa sakit Anda. Para ahli percaya bahwa depresi menyebabkan saraf menjadi ekstra sensitif.

6. Sering ragu-ragu

Jika muncul perasaan bimbang atau ragu-ragu yang meningkat, ini sebenarnya merupakan gejala depresi utama pada wanita. Rasa putus asa atau mengharapkan hasil terburuk dari setiap pilihan, dapat memainkan peran.


Lihat video:




(DEV)