Tips Menghilangkan Pikiran Cemas Sebelum Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 10 Oct 2017 16:20 WIB
kesehatan mental
Tips Menghilangkan Pikiran Cemas Sebelum Tidur
(Foto: Bustle)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang merasa cemas menjelang tidur malam karena memikirkan banyak hal. Menurut CalmClinic, menuliskan apa yang ada dalam pikiran sebelum tidur dapat menghilangkan rasa cemas.

Hal tersebut karena, otak cenderung melupakan hal yang pernah ditulis. Pernyataan tersebut senada dengan beberapa hasil studi yang yang menunjukkan bahwa menulis jurnal dapat mengurangi rasa cemas.

Selain menulis, mengurangi stimulasi dan waktu bermain gawai sebelum tidur juga dapat mengurangi rasa cemas.

"Kita terlalu sering terstimulasi sehingga siklus tidur terganggu. Tip pertama adalah mengurangi stimulasi visual dan suara minimal satu jam sebelum tidur," ujar terapis Ken Fields.

Ia memberi contoh dengan tidak menonton TV atau memakai internet sebelum tidur. Selain itu, mengurangi pencahayaan juga dianggap ampuh, seperti mematikan lampu kamar atau memakai penutup mata. Paparan suara yang semakin minimal juga dapat mempercepat rasa kantuk.

Olahraga rutin juga dapat membantu mengurangi rasa cemas yang dapat berujung pada tidur tak nyenyak.

"Olahraga memiliki efek kuat pada tidur. Jika Anda cukup olahraga pada siang hari, maka Anda akan lebih mudah tidur dan pikiran akan melepaskan neurotransmitter yang memberi efek baik pada suasana hati," jelas CalmClinic.

Aktvitas fisik tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan menangkap suatu hal.

Cara lain untuk mengurangi gangguan mental t adalah melakukan relaksasi secara rutin. Bermediatasi dengan melakukan pernapasan dalam-dalam sebelum tidur dapat membantu tubuh lebih rikes dan pikiran lebih tenang. Bila cara tersebut belum mempan, cobalah menemui tenaga profesional.




(DEV)