Benarkah Kebiasaan Tidur dengan Si Kecil Beri Dampak Buruk?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 08 Nov 2017 15:17 WIB
kesehatan
Benarkah Kebiasaan Tidur dengan Si Kecil Beri Dampak Buruk?
(Foto: Foxnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Studi 2016 yang dipublikasikan dalam Journal of Affective Disorders menemukan dampak buruk dari bayi yang tidur bersama orang tua. Ditemukan, ada risiko bayi menderita kecemasa dan depresi apabila tidur seranjang dengan orang tua. Namun, penelitian itu masih menimbulkan pro dan kontra.

Menurut dr Yoni Schwab, tak ada efek psikologis negatif tentang berbagi tempat tidur antara orang tua dan anak selama keduanya merasa senang. Bahkan, ada beberapa manfaat dari hal tersebut.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menemukan bahwa tidur bersama membuat kegiatan menyusui lebih mudah dan bayi tidur lebih nyenyak dibandingkan mereka yang tidur terpisah.

Di satu sisi, penelitian untuk mencari tahu efek menguntungkan atau berbahaya tentang topik yang kontroversial ini juga sulit dilakukan.

"Hal ini dikarenakan alasan etis dimana para peneliti tak bisa meminta satu kelompok ibu untuk tidur bersama anak dan kelompok lain yang tidak tidur dengan anak," ujar David Messer selaku profesor pengembangan anak di Open University.

Beberapa studi dengan topik serupa melakukan penelitian dalam ukuran sampel yang kecil sehingga sulit untuk menggambarkan kesimpulan definitif.

"Penting untuk mengetahui bahwa bayi dan anak memiliki aspek pengalaman pengasuhan yang berbeda," tambah Messer.

Jadi, tak bisa disimpulkan bahwa tidur bersama anak memiliki efek kuat pada perkembangan anak kemudian.




(DEV)