Menjaga Persahabatan yang Baik Bantu Mencegah Demensia

Torie Natalova    •    Jumat, 10 Nov 2017 11:05 WIB
Menjaga Persahabatan yang Baik Bantu Mencegah Demensia
Sebuah studi terbaru menemukan bahwa menjaga hubungan dengan teman seiring bertambahnya usia dapat menangkal penyakit neurodegeneratif seperti demensia. (Foto: Sam Manns/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain keluarga, salah satu kunci kebahagiaan adalah teman baik. Penelitian pun telah mengatakan bahwa teman baik memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa menjaga hubungan dengan teman seiring bertambahnya usia dapat menangkal penyakit neurodegeneratif seperti demensia, dengan menjaga otak tetap awet muda.

Dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa individu-individu yang berusia lebih tua dan memiliki persahabatan yang baik serta positif, lebih mungkin memiliki otak yang bekerja sebaik orang 30 tahun lebih muda.

(Baca juga: Studi: Obat Alzheimer Bisa Digunakan untuk Perawatan Gigi)



Ini menunjukkan bahwa mempertahankan lingkaran sosial yang solid bisa menjadi kunci untuk memperlambat efek kognitif penuaan.

Menurut peneliti Emily Rogalski, ini tidak berarti jika Anda memiliki jaringan sosial yang kuat, Anda tidak akan pernah terkena Alzheimer. Gaya hidup yang sehat, tidak merokok, mengelola persahabatan yang sehat dapat mengurangi risiko terkena demensia.

Saat ini, tidak ada obat untuk demensia. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mereka yang menderita demensia sering mengalami penurunan jaringan sosial. Sehingga, penting untuk tetap menjaga hubungan sosial di usia senja.








(TIN)