Senam Wajah Bantu Jaga Keremajaan Kulit Wanita

Raka Lestari    •    Senin, 08 Jan 2018 14:37 WIB
kesehatan kulit
Senam Wajah Bantu Jaga Keremajaan Kulit Wanita
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Seiring bertambahnya usia, keriput di wajah tak bisa dihindari. Namun, gaya hidup dan latihan khusus bisa membantu merawat kekencangan kulit wajah.

Studi yang diterbitkan JAMA Dermatology menemukan bahwa senam wajah atau yang disebut dengan facial yoga bisa membuat Anda terlihat lebih muda. Senam wajah diklaim dapat membantu mengencangkan otot wajah, menjaga kulit agar tidak kendur, dan mengurangi keriput. Meskipun belum dibuktikan secara ilmiah, beberapa orang mengatakan bahwa dengan melakukan senam wajah dapat membuat terlihat lebih muda.

Pada percobaan ini, peneliti mengajari 27 wanita usia 40-65 tahun untuk melakukan senam wajah selama dua sesi latihan. Para wanita diharuskan melakukan latihan setiap 30 menit dalam sehari selama delapan minggu pertama, kemudian latihan dilanjutkan dari minggu kesembilan sampai minggu ke-20.

Dari hasil foto sebelum dan sesudah latihan, scan wajah para partisipan di analisis oleh dermatologis untuk dinilai berapa usia yang tampak dari wajah partisipan.

Dermatolog menyimpulkan bahwa wanita memiliki pipi yang lebih tinggi setelah melakukan senam wajah, dan memperkirakan usia rata-rata mereka sekitar dua tahun lebih muda. Selain itu, tampak ada perbaikan tekstur di area wajah partisipan.




(DEV)