Program JKN Dipuji Kelompok Independen Besutan Nelson Mandela

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 29 Nov 2017 19:23 WIB
jkn
Program JKN Dipuji Kelompok Independen Besutan Nelson Mandela
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengunjungi Puskesmas Kebon Jeruk bersama kelompok independen internasional The Elders pada Rabu, 29 November 2017. (Foto: Sri Yanti)

Jakarta: Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengunjungi Puskesmas Kebon Jeruk bersama kelompok independen internasional The Elders pada Rabu, 29 November 2017. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah memberikan masukan dan dukungan terkait reformasi Universal Health Coverage atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Saat ini, JKN telah digunakan oleh 183 juta penduduk Indonesia atau sekitar 71 persen dari total seluruh masyarakat. Diharapkan pada 2019, seluruh warga Indonesia telah menjadi pengguna JKN.

"Mereka (perwakilan The Elders) sangat menghargai program kita, terutama Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar," ujar Menkes dalam konferensi pers di Puskesmas Kebon Jeruk, Rabu, 29 November 2017.

Selain Menkes, The Elders yang merupakan kelompok independen besutan mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela juga turut serta dalam kunjungan tersebut.

"Kedatangan kami ke sini untuk memberikan penghargaan pada Presiden dan rakyat Indonesia atas penyelenggaraan JKN, ini adalah hal penting yang berkaitan dengan pembangunan internasional," ujar mantan presiden Meksiko Ernesto Zedillo pada kesempatan yang sama.

Ia menambahkan, banyak tantangan akan dihadapi terkait program JKN, termasuk soal biaya. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk menjajaki sumber daya lain yang lebih kuat untuk membiayai JKN.

"Misalnya, dengan pajak," saran dia.

(Klik: Empat Pemuda RI Kampanyekan Perdamaian bersama "The Elders")

Ernesto menilai program JKN seharusnya sudah diberlakukan oleh negara-negara yang lebih kaya, mengingat Indonesia masih dalam kategori negara berkembang.

"Indonesia layak dipuji karena masih negara berkembang."

Senada dengan Ernesto, Gro Harlem Bruntland selaku Deputy Chair The Elders juga ikut menyemangati Indonesia untuk terus melanjutkan program JKN yang sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

The Elders terdiri dari para pemimpin global yang bekerja sama dalam mendukung upaya-upaya terkait perdamaian dan hak asasi manusia.




(DEV)