Tips Atasi Konsumsi Kafein Berlebih

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 07 Oct 2017 14:20 WIB
kopi
Tips Atasi Konsumsi Kafein Berlebih
Tips Atasi Konsumsi Kafein Berlebih (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang memiliki kebiasaan minum kopi karena kafein dalam minuman tersebut dapat menstimulasi sistem saraf pusat agar tetap terjaga.

Namun, terlalu banyak dosis kafein dapat membuat peminumnya merasa cemas berlebih. Bahkan kandungan tersebut dapat memicu pelepasan hormon adrenalin yang meningkatkan irama jantung.

Menurut ahli gizi Priya Kathpal, rekomendasi jumlah kafein dalam sehari adalah 400 mg yang setara dengan empat gelas. Meskipun setiap orang memiliki toleransi kafein yang berbeda, konsumsi 400 mg tak akan memberi efek yang signifikan.

Lalu, bagaimana bila konsumsi kafein ternyata berlebih?

Cara terbaik untuk menghindari efek samping adalah dengan tidak mengkonsumsi kafein lagi. Namun, bila Anda kesulitan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Minum banyak air. Tetap terhidrasi membuat efek samping kafein berkurang dan membantu tubuh mengeluarkan kandungan tersebut.

2. Kafein menguras kadar kalium dan magnesium dalam tubuh yang menyebabkan seseorang merasa gugup dan tremor. Konsumsilah makanan tinggi dua mineral tersebut, seperti pisang dan sayuran hijau.

3. Lakukan olahraga ringan agar tubuh merasa lebih baik.


 


(ELG)