Penyebab Kerontokan Rambut Seiring Bertambahnya Usia

Raka Lestari    •    Selasa, 03 Oct 2017 16:08 WIB
kesehatan
Penyebab Kerontokan Rambut Seiring Bertambahnya Usia
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak faktor yang bisa menyebabkan kebotakan pada pria dan wanita. Studi ilmiah menunjukkan, bahwa gen yang didapat dari ayah dan ibu dapat menyebabkan rambut rontok. Faktor lingkungan juga ikut berpengaruh terhadap kerontokan rambut.

Anda akan kehilangan semakin banyak rambut seiring bertambahnya usia. Hampir setengah dari pria dan seperempat wanita akan mengalami kerontokan rambut pada saat mereka berumur 50 tahun. Jadi, apa yang menyebabkan kita mengalami kerontokan rambut?

Penyakit, obat-obatan, dan kebiasaan sehari-hari bisa memicu kerontokan rambut. Yang paling umum adalah Androgenic alopecia (pola kebotakan pada pria dan wanita). Hal ini menyebabkan folikel penghasil rambut yang terdapat pada kulit kepala menjadi rusak.

Seiring berjalannya waktu, mereka kehilangan kemampuan untuk berfungsi. Gejala awalnya yaitu menghasilkan rambut yang tipis pada pria dan wanita sampai akhirnya tidak bisa menumbuhkan rambut sama sekali.

(Baca: Benarkah Helm dan Topi Sebabkan Kebotakan pada Pria?)

Pola kebotakan bersifat genetik. Gen kebotakan utamanya ditemukan pada kromosom X yang berasal dari ibu. Namun ada juga faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kebotakan.

Studi menemukan bahwa pria dengan ayah botak lebih cenderung menjadi botak. Topi, produk rambut, dan sering melakukan keramas tidak akan menyebabkan kebotakan. Tapi Anda harus berhati-hati dengan penggunaan sisir dan pelurus rambut atau catokan. Terlalu sering menggunakannya bisa mempercepat proses botak.

Jadi, rambut rontok tidak mungkin dapat dihindari oleh setiap orang. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan rambut Anda.




(DEV)