Letakkan Enam Tanaman Ini di Rumah untuk Menghalau Nyamuk

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Jul 2018 17:37 WIB
tips kesehatan
Letakkan Enam Tanaman Ini di Rumah untuk Menghalau Nyamuk
(Foto: The Health Site)

Jakarta: Gigitan nyamuk dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti malaria atau dengue. Selain menggunakan losion atau penyemprot nyamuk, terdapat beberapa cara alami untuk menghalau binatang tersebut, yakni dengan meletakkan tanaman di rumah Anda.

Bukan sembarang tanaman, berikut tanaman yang bisa membantu menjauhkan nyamuk dalam rumah, seperti dilansir The Health Site

1. Kemangi

Menurut data yang dipublikasikan Parasitology Research Journal, kemangi sangat efektif dalam membunuh jentik nyamuk dan membantu mengusir nyamuk. Letakkan tanaman kemangi dekat jendela untuk mengusir nyamuk. 

2. Bawang putih

Bau bawang putih yang kuat dan tajam diketahui dapat mencegah gigitan nyamuk dan bahkan mencegah masuk rumah. Hancurkan beberapa bawang putih dan simpan di dekat ambang jendela.

3. Minyak pohon teh

Aroma dan sifat anti jamur dan antibakteri dari minyak pohon teh membantu mencegah nyamuk menggigit tubuh.

4. Minyak dan daun mint

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Bioresource Technology, minyak mint dan ekstrak mint dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk dalam ruangan yang efektif. Gunakan dalam alat penguap untuk membantu mengisi ruangan dengan aroma mint, oleskan minyak pada tubuh atau tanam semak di luar jendela kamar.

5. Bunga atau minyak lavender

Aroma bunga lavender cukup kuat sehingga nyamuk enggan menggigit. Gunakan minyak lavender sebagai penyegar ruangan alami atau aplikasikan pada kulit. 

6. Daun pepaya

Daun pepaya memiliki enzim chymopapin dan papain yang dapat menormalkan jumlah trombosit, meningkatkan faktor pembekuan dan memperbaiki fungsi hati seseorang, serta memperbaiki kerusakan yang dilakukan pada hati oleh demam berdarah. 





(DEV)