Benarkah Tak Hanya di Rambut, Ketombe Juga Bisa Muncul di Wajah?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 25 May 2018 16:46 WIB
kesehatan kulit
Benarkah Tak Hanya di Rambut, Ketombe Juga Bisa Muncul di Wajah?
Biasanya, ungkap dokter kulit Francesca Fusco, MD, serpihan ketombe muncul di alis, jenggot pria, dan area T-zone (dahi dan batang hidung); terutama kulit antara alis dan ujung hidung. (Foto: Bruce mars/Unsplash.com)

Jakarta: Kebanyakan orang berpikir bahwa ketombe adalah masalah kulit rambut. Faktanya, ketombe juga bisa muncul di kulit wajah.

"Serpihan ketombe (di wajah) cenderung lebih tebal dan lebih encer," kata Terrence Keaney, MD, dokter kulit di Arlington, Virginia. 

Biasanya, tambah dokter kulit lain Francesca Fusco, MD, serpihan ketombe muncul di alis, jenggot pria, dan area T-zone (dahi dan batang hidung); terutama kulit antara alis dan ujung hidung.

Sama seperti pada rambut, penyebab ketombe di wajah juga disebabkan oleh pertumbuhan jamur dan penumpukan kulit mati. 

"Ini adalah pertumbuhan berlebih ragi dan penumpukan kulit mati," kata Dr Fusco. Meskipun tidak ada obat untuk ketombe, Anda bisa mengendalikannya dan mencegahnya agar tak lebih banyak lagi.

Meskipun belum ada obat pasti, Dr Fusco mengungkapkan bahwa gangguan tersebut bisa dikendalikan atau dicegah penyebarannya. 


(Meskipun tidak ada obat untuk ketombe, Anda bisa mengendalikannya dan mencegahnya agar tak lebih banyak lagi. Foto: Drew Hays/Unsplash.com)

(Baca juga: Kumis Memperburuk Alergi)

"Saya sarankan campurkan cairan sampo antiketombe sebanyak uang receh di telapak tangan dengan air dan oelskan pada alis mata, sudut hidung, dan area mana pun yang terdapat ketombe tersebut," kata Dr Fusco. "Pastikan Anda membersihkan dan mengeringkan bagian tersebut setelahnya."

Ketombe wajah juga dipicu oleh serpihan yang jatuh dari kulit kepala.

"Bahkan jika Anda tidak berpikir Anda memiliki ketombe kulit kepala, Anda harus menggunakan sampo ketombe pada kulit kepala Anda selama menghadapi wabah ketombe."

Selain itu, stres juga dapat memicu kemunculan ketombe yang makin buruk. Oleh karena itu, Dr Keaney menyarankan agar tidak terlalu sering merasa khawatir. 

Cobalah untuk tidak terlalu khawatir, karena stres bisa membuat ketombe lebih buruk. Dan jauhi pembersih yang keras, kata Dr Keaney. "Jangan terlalu banyak membersihkan wajahmu. Kesalahpahaman yang umum dengan mengobati ketombe adalah semakin banyak pencucian, semakin efektif hal itu."





(TIN)