Mengumpat Lebih Ampuh Melepas Stres daripada Yoga?

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 20 Apr 2018 12:54 WIB
kesehatanpsikologi
Mengumpat Lebih Ampuh Melepas Stres daripada Yoga?
Terkait cara melepaskannya, sebanyak 63 persen dalam penelitian merasa bahwa mengumpat adalah cara termudah. (Foto: Courtesy of iStock)

Jakarta: Banyak studi menyebutkan bahwa olahraga dapat mengurangi stres. Faktanya, kebanyakan orang Amerika menggunakan umpatan sebagai cara melepas kepenatan. 

Sebuah studi yang melibatkan 2 ribu penduduk Amerika tersebut menyebutkan rata-rata orang Amerika mulai mengumpat pukul 10.54. Satu dari empat orang bahkan sudah mencaci maki sebelum pukul 9 pagi. 

Survei yang dilakukan oleh 9Round Kickbox Fitness tersebut menemukan bahwa kecemasan finansial adalah penyebab utama dari stres dan frustasi pada 56 persen penduduk Amerika.

Beberapa kontributor lain seperti kurang tidur (36 persen), masalah kesehatan (35 persen), dan pekerjaan (30 persen) juga ikut memicu stres. 

Sekitar 9 persen partisipan mengaku bahwa lingkungan adalah sumber stres dan frustasi, di mana empat persen merasa defisit nasional di dalamnya. 

(Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Stres dalam 15 Menit)


(Sekitar 9 persen partisipan mengaku bahwa lingkungan adalah sumber stres dan frustasi, di mana empat persen merasa defisit nasional di dalamnya. Foto: Japheth Mast/Unsplash.com)

Dan karena semua hal dalam hidup sudah membuat stres, hal-hal sederhana seperti sinyal WiFi yang lambat dapat membuat orang merasa tertekan. 

Terkait cara melepaskannya, sebanyak 63 persen merasa bahwa mengumpat adalah cara termudah. Berteriak juga menjadi metode yang disenangi, dengan persentase 49 persen, dan 39 persen melampiaskannya dengan tangisan. 

Selain mengumpat, setengah dari orang Amerika menghilangkan stres dengan cara mendengarkan musik atau berolahraga (40 persen). 

"Meskipun mendengar musik dan menonton TV dapat membuat santai, salah satu cara terbaik untuk menurunkan stres adalah olahraga teratur karena dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan, di mana hal itu dapat membuat Anda lebih mudah mengatasi stres dalam hidup," papar Shannon Hudson, CEO dan pendiri 9Round Kickbox Fitness.

Sayangnya, satu dari empat responden merasa tak punya waktu untuk berolahraga secara teratur sehingga mereka menggunakan alternatif termudah, yaitu mengumpat. 






(TIN)