Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Nyeri Punggung

Raka Lestari    •    Rabu, 18 Apr 2018 14:33 WIB
studi kesehatan
Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Nyeri Punggung
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan nyeri punggung, nyeri sendi artritis, dan dapat meningkatkan dengkuran saat Anda sedang tidur. Cara Anda tidur dapat menjelaskan bagaimana kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, dan seberapa mudah Anda untuk tertidur.

Menurut National Health Service, tidur cukup sangat penting agar tubuh berfungsi dengan baik. Sekitar 1 dari 3 orang di Inggris mengalami kurang tidur, yang menyebabkan perasaan mudah marah dan menjadi tidak produktif.

Kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko dari beberapa kondisi yang mengancam jiwa, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Terry Cralle, clinical sleep educator mengungkapkan, "Meskipun ada banyak variasi tidur yang bisa Anda lakukan yang semuanya bermanfaat dalam membantu meringankan insomnia dan kurang tidur kronis, posisi yang paling nyaman adalah menekuk lutut sedikit ke atas ke arah dada," katanya.

"Tidur menyamping sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami sakit punggung atau pinggul. Tidur dengan posisi tersebut juga sangat direkomendasikan untuk wanita hamil, khususnya sisi kiri," kata Cralle.

Hindari posisi tidur tengkurap karena bisa menyebabkan sakit punggung dan leher bagian bawah. Orang yang tidur tengkurap juga lebih berpotensi gelisah.

"Jika Anda tidur tengkurap, gunakan bantal yang sangat lembut atau tidak sama sekali, sehingga leher Anda tidak akan berada pada sudut yang tidak nyaman," ujar Cralle.

Tidur telentang adalah cara tersehat untuk tidur, menurut National Sleep Foundation.

Posisi itu memungkinkan kepala, leher dan tulang belakang untuk beristirahat dalam posisi netral. Posisi tersebut juga bisa membantu menangkal asam lambung naik.

Lihat video:





(DEV)