Ketahui Bahayanya jika Kulit Bumil Terkena Sunburn

Raka Lestari    •    Selasa, 19 Jun 2018 10:03 WIB
studi kesehatan
Ketahui Bahayanya jika Kulit Bumil Terkena Sunburn
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Selain makanan mentah, paparan sinar matahari yang menyengat juga harus dihindari wanita pada kehamilan trimester pertama. 

Berdasarkan laporan Yale New Haven Health, sunburn yang menyebabkan rasa panas di kulit bisa menyebabkan cacat pada bayi. 

Tahap awal kehamilan adalah masa-masa ketika janin masih berkembang dan masih sangat rentan terhadap risiko dari sinar matahari. 

Berubahnya suhu tuhuh akibat sengatan matahari dapat meningkatkan risiko cacat lahir terutama jika terjadi sebelum embrio menempel dengan sempurna. 

Carolyn DeLucia, MD, ahli ob-gyn menjelaskan, mengalami sunburn saat hamil bisa menjadi masalah. 

"Hawa panas bisa menyebabkan wanita hamil lebih cepat dehidrasi. Jika hamil, minum air dalam jumlah yang cukup untuk tetap terhidrasi sehingga tidak ada risiko persalinan prematur atau kontraksi berlebihan terjadi," katanya. 

Untuk menghindari terjadinya sunburn, Anda sebaiknya menggunakan sunblock yang terbaik. Gunakan sunblock yang memiliki kandungan SPF minimal 30 dan aplikasikan secara rutin ke tubuh Anda. 

Menurut Fit Pregnancy, gunakan sunblock yang mengandung UVA dan UVB dan dengan kandungan kimia yang rendah, hindari juga yang mengandung oxybenzone. 

Jika Anda merasa khawatir, tidak enak badan, atau mengalami sunburn yang cukup parah, segera periksakan pada dokter kandungan.




(DEV)