Berbicara Kepada Bayi ketika di NICU Membantu Mereka Tidur Nyenyak

Raka Lestari    •    Rabu, 06 Jun 2018 15:42 WIB
perkembangan anak
Berbicara Kepada Bayi ketika di NICU Membantu Mereka Tidur Nyenyak
Menurut National Sleep Foundation, pada usia 2 tahun anak harus lebih banyak menghabiskan waktu tidur daripada terbangun. (Foto: Mindy Olson P/Unsplash.com)

Jakarta: Bayi yang lahir terlalu awal atau perlu perawatan khusus biasanya ditempatkan di unit perawatan khusus yang disebut dengan NICU (Newborn Intensive Care Unit), unit yang mengkhususkan diri dalam perawatan bayi dan bayi yang baru lahir. 

Dan bagi orang tua yang bayinya harus memerlukan perawatan NICU biasanya cukup membuat stres dan itu bisa membuat bayi juga ikut merasakan stres. Dan ketika bayi mengalami stres, waktu tidur mereka pun akan terganggu. 

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Associated Professional Sleep Societies, para peneliti menemukan bahwa rekaman suara ibu yang sedang membacakan buku anak-anak dapat membantu bayi lebih cepat tertidur dan lebih jarang terbangun. Penelitian ini melibatkan 50 bayi yang lahir setelah setidaknya 33 minggu kehamilan di Amerika Serikat. 

(Baca juga: Ketahui Pola Tidur Bayi dari Umur 0-24 Bulan)


(Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Associated Professional Sleep Societies, para peneliti menemukan bahwa rekaman suara ibu yang sedang membacakan buku anak-anak dapat membantu bayi lebih cepat tertidur. Foto: Bady Qb/Unsplash.com)

"Di rumah sakit, kami merawat bayi-bayi yang memerlukan perawatan khusus, yang dapat mengurangi kemampuan mereka untuk tidur secara normal," ujar penulis studi tersebut Renée Shellhaas, seorang ahli saraf pediatrik di University of Michigan C.S. Mott Children's Hospital. 

Meskipun rumah sakit pasti melakukan yang terbaik untuk memberikan suasana yang tenang, ada beberapa suara yang tidak bisa dihilangkan. Seperti dalam penelitian ini, suara dari ventilator dan peralatan lain dapat terbukti mengganggu, misalnya. 

Menurut National Sleep Foundation, pada usia 2 tahun anak harus lebih banyak menghabiskan waktu tidur daripada terbangun dan akan menghabiskan sekitar 40 persen masa kecil mereka dengan tidur secara keseluruhan.  

Mengetahui cara untuk meningkatkan waktu dan kualitas tidur pada bayi sangat penting karena tidur itu sendiri sangatlah penting. National Sleep Foundation mencatat bahwa tidur sangat penting untuk anak-anak karena tidur berdampak langsung pada perkembangan mental dan fisik mereka.





(TIN)