Sisi Lain dari Demam bagi Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 27 Jul 2017 11:00 WIB
kesehatan
Sisi Lain dari Demam bagi Tubuh
Demam atau hipertermia diketahui juga dapat menyembuhkan beberapa jenis kanker. (Foto: Eli Defaria/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Demam adalah salah satu kondisi yang membuat tubuh menjadi tak nyaman. Namun, bukan berarti gejala tersebut selalu berdampak negatif. 

Terkadang, demam terjadi karena tubuh sedang berjuang untuk melawan gangguan yang masuk dalam tubuh. Berikut adalah alasan mengapa demam membuat tubuh akan menjadi lebih baik setelahnya. 

(Baca juga: Anak Demam Saat Tumbuh Gigi, Wajar atau Tidak?)



1. Membuat sistem imun lebih baik
Sistem imun yang lebih baik membantu tubuh lebih sehat, melawan patogen dan membuat bagian dalam tubuh lebih terkontrol. Intinya, tubuh menjadi semakin jarang sakit. Itulah salah satu manfaat dari demam. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Divisi Imunologi di Roswell Park Cancer Institute menyebitkan bahwa demam dapat membantu meningkatkan fungsi imun dalam tubuh. 



2. Menghancurkan virus
Virus dapat mengendap-endap ke dalam sistem imun dan merusak bagian dalam tubuh. Misalnya, pilek biasa dapat menjadi hepatitis karena adanya infeksi tertentu. Sel limfosit CD8+ sitoksik T adalah sel imun ampuh yang dapat membunuh virus dan menghentikan perkembangan sel tumor.

Ketika suhu tubuh meningkat, maka produksi sel tersebut akan dihalangi sehingga tubuh menjadi mampu menangkis infeksi tersebt. Sel pelawan virus tersebut bernama interferon. Beberapa studi menyebutkan bahwa demam dapat membantu meningkatkan produksi interferon dalam tubuh. 



3. Meningkatkan sistem imun inheren
Sistem imun inheren bertanggung jawab dalam menghasilkan sel imun untuk melawan infeksi, mengidentifikasi bakteri dan patogen lain, menghilangkan benda asing dan lain-lain. Sistem imun ini ikut terisi ulang ketika manusia mengalami demam.  



4. Mengobati kanker

Demam atau hipertermia diketahui juga dapat menyembuhkan beberapa jenis kanker. Hipertermia khusus di atas 400 C umumnya digunakan secara langsung untuk menghancurkan sel kanker dan dapat meningkatkan aktivitas anti-tumor dalam sistem imun manusia. 

Meski demikian sebaiknya segera menemui tenaga profesional saat Anda mengalami demam, terutama bila lebih dari 40 derajat Celcius. Membiarkan demam tak diobati dapat memberi dampak fatal. 










(TIN)