Studi: Paparan Polusi Udara 3 Kali Lipat Lebih Berbahaya pada Rambut Dibandingkan Kulit

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 19 Sep 2017 15:16 WIB
rambutstudi kesehatan
Studi: Paparan Polusi Udara 3 Kali Lipat Lebih Berbahaya pada Rambut Dibandingkan Kulit
Ternyata polusi udara juga membuat berat rambut bertambah berat sebanyak 3 persen. (Foto: Ayo Ogunseinde/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Polusi udara seperti debu dan kotoran kecil adalah pengganggu yang umum ditemui setiap hari. Namun tahukah Anda bahwa polusi tak hanya membahayakan bagi kulit, namun juga rambut?

Sebuah studi komputasi yang dilakukan oleh perusahaan P&G pada permukaan rambut dam kulit pada tahun 2014 di Singapura menemukan bahwa polusi udara tiga kali lipat lebih membahayakan rambut dibandingkan kulit. Sayangnya, tak semua wanita menyadari hal tersebut.

"Terdapat sebuah survei yang melibatkan 2 ribu wanita di seluruh dunia menemukan bahwa hanya satu dari empat wanita yang peduli akan kerontokan rambut akibat polusi udara," tukas Febrina Herlambang selaku Communication Manager P&G Indonesia dalam peluncuran kampanye Pantene #KuatLawanPolusi, Selasa (19/9/2017). 


(Kampanye Pantene #KuatLawanPolusi, Selasa (19/9/2017). Foto: Dok. Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Ia menambahkan, partikel polusi udara yang berukuran 20 kali lipat lebih kecil dari batang rambut membuat kotoran tersebut mudah menempel sehingga rambut lebih lengket dan berat. Akibatnya, rambut menjadi mudah rapuh, patah dan rontok bila terus dibiarkan tak terawat. 

Selain itu, polusi udara juga membuat berat rambut bertambah sebanyak 3 persen dimana partikel yang menempel membuat rambut menjadi bau, lengket, dan lepek. Permukaan rambut yang terpapar polusi udara juga 20 persen lebih kasar dan rapuh sehingga efek kehalusan alami rambut pun berkurang. 

(Baca juga: Fakta dan Mitos Seputar Rambut di Usia Tua)

Produk Pantene berupa sampo Pantene Hair Fall Control dan kondisioner 3 Minute Miracle Hair Fall Control memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi masalah kerontokan yang merupakan problematika nomor satu di Indonesia tersebut. 

"Partikel Micro-bubble technology dalam produk sampo dan kondisioner kami memiliki partikel yang pebih kecil sehingga lebih baik dalam membersihkan rambut," tambah Saint Tiu selaku Principal Scientist P&G Hair Care Asia Pasifik pada kesempatan yang sama. 


(Ternyata polusi udara juga membuat berat rambut bertambah berat sebanyak 3 persen. Foto: Dok. Valerie Elash/Unsplash.com)

Berbeda dengan kondisioner biasa yang umumnya hanya digunakan pada batang rambut, Kondisioner 3 Minute Miracle Hair Fall Control lebih efektif dalam melindungi rambut dari paparan polusi udara karena produk tersebut dapat digunakan pada seluruh bagian rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Dengan demikian, rambut akan terlindungi secara sempurna dimana mahkota wanita tersebut akan semakin ringan dan halus. 

Kerontokan rambut akibat polusi udara yang membuat keindahan rambut semakin berkurang namun belum terlalu mendapat perhatian ini jugalah yang membuat Pantene mengadakan kampanye #KuatLawanPolusi dengan tujuan meningkatkan kesadaran wanita Indonesia akan pentingnya merawat rambut agar terhindar dari gangguan tersebut.











(TIN)