Olahraga Membantu Menurunkan Lemak Tulang

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 20 May 2017 20:05 WIB
olahraga
Olahraga Membantu Menurunkan Lemak Tulang
Olahraga Membantu Menurunkan Lemak Tulang (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi mengungkapkan bahwa olahraga membakar lemak sumsum tulang dan proses tersebut membantu memperbaiki kualitas tulang dalam hitungan minggu.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research tersebut menunjukkan bahwa orang obesitas, yang memiliki kualitas tulang yang lebih buruk, dapat memanfaatkan hasil penelitian tersebut untuk menjadi lebih sehat.

"Salah satu implikasi klinis utama dari penelitian ini adalah olahraga bagus untuk kesehatan tulang, tak hanya tubuh," kata penulis utama Maya Styner, Asisten Profesor di University of North Carolina di Chapel Hill di Amerika Serikat.

Ia menjelaskan bahwa penelitian yang memakan waktu singkat tersebut menunjukkan bahwa berlari dapat membangun kesehatan tulang secara signifikan pada tikus.

Jenis sel induk yang menghasilkan tulang dan lemak pada tikus terbilang mirip dengan manusia sehingga hasil penelitian bisa teraplikasi pada manusia.

Selain implikasinya terhadap obesitas dan kesehatan tulang, Styner mengatakan bahwa penelitian tersebut juga dapat membantu menjelaskan beberapa faktor di balik degradasi tulang yang terkait dengan kondisi seperti diabetes, artritis, anoreksia, dan penggunaan obat steroid.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa olahraga dapat memberikan beberapa efek positif pada tulang.

"Studi kami tentang biomekanik tulang menunjukkan bahwa kualitas dan kekuatan tulang meningkat secara signifikan dengan olahraga dan bahkan lebih lagi pada orang yang berolahraga dengan obesitas," kata Styner.

 


(ELG)