Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 02 Sep 2017 18:30 WIB
tidur
Hal yang Membuat Kamar Makin Nyaman untuk Tidur
Hal yang Membuat Kamar Tidur Makin Nyaman (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan orang berpendapat bahwa kamar tidur sendiri adalah tempat yang paling nyaman untuk beristirahat.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat waktu istirahat semakin berkualitas di ruangan tersebut.

1. Pencahayaan
Jika Anda ingin pencahayaan yang minim, gantilah lampu dengan tingkat pencahayaan lebih kecil. Namun, bila hanya ingin saat istirahat saja, belilah lampu meja dengan pencahayaan biasa dan matikan lampu utama saat sedang tidur.

2. Korden
Korden dapat membuat pencahayaan menjadi minim dengan menggunakan warna yang gelap. Kegelapan menstimulasi produksi melatonin dalam otak, sementara cahaya terang justru menekannya. Inilah mengapa penggunaan gawai di malam hari sebaiknya dihindari.

3. Warna kamar
Warna tembok dapat membantu menimbulkan suasana tenang dan meminimalkan stres yang muncul. Pilihlah warna yang lembut untuk menciptakan lingkungan yang baik seperti lavender, abu-abu pucat, merah muda pucat, krem, atau biru muda.

4. Suhu ruangan
Suhu ruangan yang sejuk dapat membuat tidur lebih nyenyak. Ahli tidur menyebutkan bahwa suhu kamar tidur sebaiknya 5-10 derajat lebih dingin dibandingkan suhu ruangan biasa.


(ELG)