6 Terapi untuk Mengobati Sakit pada Telinga

Nia Deviyana    •    Rabu, 07 Sep 2016 16:33 WIB
kesehatan
6 Terapi untuk Mengobati Sakit pada Telinga
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sakit pada telinga umumnya tidak berbahaya. Namun, kondisi ini cukup mengganggu aktivitas. Parah atau tidaknya sakit bervariasi, bergantung tingkat rasa nyeri di bagian dalam telinga.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa sakit di bagian dalam telinga, seperti kotoran yang menumpuk, sinusitis, dan infeksi gigi. Namun, sakit pada telinga juga bisa disebabkan oleh hal ini.

Terlalu sering berenang Dilansir Medical News Today, terlalu sering berenang membuat telinga bagian dalam menjadi lembab dalam waktu yang lama. Dengan kondisi seperti itu, maka jumlah bakteri di dalam telinga semakin meningkat.

Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Ketika ada infeksi, kelenjar ini akan membesar. Rasa sakit pun akan menyebar ke bagian tubuh yang berdekatan dengan kelenjar tersebut.

Infeksi saluran pernapasan atas

Hal ini disebabkan oleh virus yang umumnya juga menyebabkan batuk dan alergi. Virus ini juga memberi dampak rasa sakit di bagian telinga. (Baca: Kenali Sleep Apnea Si Gangguan Tidur)

Sakit kepala

Tekanan yang kuat selama sakit kepala kadang-kadang juga menyebabkan rasa sakit pada telinga.

Memeriksakan diri ke dokter merupakan langkah paling tepat. Setelahnya, Anda bisa mengombinasikan obat dari dokter dengan terapi berikut ini.

1. Es batu

Gunakan es batu untuk mengompres telinga yang sakit. Lakukan selama 20 menit untuk meredangan peradangan.

2. Bawang putih

Bumbu dapur ini sudah dikenal sebagai obat untuk mengatasi sakit pada telinga selama ribuan tahun. Bawang putih membantu memerangi infeksi yang menyebabkan sakit pada telinga.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memakan bawang putih mentah untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, jangan makan bawang putih jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik karena akan mengganggu kerja obat tersebut.

3. Handuk panas

Celupkan handuk pada air panas, kemudian gunakan untuk mengompres bagian telinga yang sakit. Jika es batu dapat meredakan peradangan, maka handuk panas mampu mengendurkan otot-otot yang tegang, serta meningkatkan aliran darah di area telinga.

4. Tidur dengan posisi telentang

Posisi tidur ini membantu mengurangi tekanan di area telinga yang sakit.

5. Kunyah permen karet

Cara ini cukup efektif apabila sakit telinga dirasakan setelah bepergian menggunakan pesawat. Permen karet membantu mengurangi tekanan pada telinga.

6. Olahraga

Selain melancarkan aliran darah, olahraga meningkatkan sugesti bahwa Anda akan selalu sehat. Olahraga juga membantu mengalihkan perhatian agar Anda tidak fokus terhadap rasa sakit.





(DEV)